DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 17 April 2018 / 19:34 WIB

Prajurit Korem Pamungkas Tangkap Pemalsu Dokumen Tanah TNI AD

YOGYA, KRJOGJA.com - Prajurit Korem 072 Pamungkas berhasil menangkap TJ alias Joned pelaku pemalsu dokumen tanah milik TNI AD yang terletak di Jalan Kaliurang km 5,8 Sleman. Pelaku berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya kawasan Desa Trimurti Kecamatan Srandakan Bantul, Selasa (17/04/2018) dini hari. Joned ditangkap setelah namanya masuk dapal daftar pencarian orang (DPO) oleh Kepolisian.

Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengungkapkan jajarannya merasa memiliki tanggungjawab atas tanah tersebut, sehingga membentuk tim untuk membantu Kepolisian mencari keberadaan Joned. Setelah berhasil ditangkap selanjutnya Joned akan diserahkan ke Bareskrim Mabes Polri.

“Setelah membentuk tim kami melakukan pengejaran dan akhirnya berhasil manangkap yang bersangkutan. Selanjutnya yang bersangkutan kami serahkan ke Bareskrim Mabes Polri yang menangani kasus tersebut,” tegas Muhammad Zamroni di Makorem 072 Pamungkas.

Kasus ini mencuat setelah seseorang bernama Lie Fong Moij mengklaim sebagai pemilik di Jalan Kaliurang tersebut. Bahkan ia bisa menunjukan bukti sertifikat tanah yang dibelinya dari Joned pada tahun 2005 sebesar Rp 11 miliar.

Merasa ada keganjilan akhirnya jajaran TNI AD melaporkan kasus tersebut dan diketahui telah terjadi pemalsuan surat tanah yang dilakukan pelaku. Joned sempat mengajukan praperadilan dalam kasus pemalsuan surat tanah Leter C Nomor 844 dan Nomor 877 tersebut namun ditolak hakim tunggal Sunarso SH di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Maret lalu.

Setelah praperadilan ditolak Joned menghilang dan Bareskrim Mabes Polri menetapkannya sebagai buron. Pelarian Joned berakhir di tangan prajurit dan kini ia harus menghadapi proses hukum atas tindak pemalsuan yang dilakukannya. (Van)