Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 17 April 2018 / 20:23 WIB

Sukses, Operasi Transplantasi Tulang Rahang di RSPA

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Rumah Sakit Pandan Arang (RSPA) Boyolali berhasil melakukan operasi transpantasi tulang rahang yang terserang penyakit kista, dengan menggunakan tulang kaki. 

Proses operasi transpantasi dengan pasien atas nama Fadly Wira Utama (10), warga Salatiga tersebut seluruhnya dibiayai menggunakan BPJS Kesehatan. 

Dokter yang melakukan operasi transplantasi, dr. Dian Sekarsari, Sp.BM, Selasa (17/04/2018) menjelaskan pasien tersebut menderita bengkak di bagian rahang karena ada kista tumbuh. Agar penanganan maksimal, kemudian dirujuk dari rumah sakit di Salatiga ke RSPA. 
Dari diagnosa, katanya perlu dilakukan pengangkatan kista, namun perlu transpantasi tulang rahang sebab pengangkatan kista menyebabkan rahang patah. "Kalau kistanya tidak diangkat seluruhnya nanti bisa makan atau merusak tulang," terangnya. 

Pada 4 April lalu, dengan kolaborasi antara dokter spesialis bedah mulut dan spesialis orthopedi, operasi pengangkatan kista dan transplantasi tulang rahang sukses dilakukan. 

Transplantasi dilakukan dengan mengambil tulang di bagian betis (fibula) untuk menambal tulang rahang (mandibula) pasien yang kosong karena pengangkatan kista. "Harapannya nanti tulang yang ditransplantasi bisa menyatu," kata dr. Haryo Wicaksono, Sp. OT, dokter spesialis orthopedi yang melakukan operasi transplantasi. 

Karena tulang terus bertumbuh dan struktur rahang bisa berubah, kemungkinan akan dilakukan operasi lanjutan bila kondisi rahang perlu direkonstruksi. (Gal)