DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 16 April 2018 / 18:12 WIB

Prajurit Kodim Yogyakarta Cegah Gizi Buruk Balita Pandeyan

YOGYA, KRJOGJA.com - Kurangnya gizi pada balita sebenarnya dapat dicegah jika rutin memeriksakan diri ke Posyandu. Akan tetapi masih banyak Posyandu yang tidak berjalan dengan semestinya akibat rendahnya pemahaman tentang fungsi dan manfaat pusat kesehatan masyarakat teraebut. Hal itulah yang ingin diperbaiki prajurit Kodim 0734 Yogyakarta dalam TMMD Reguler ke-101.

Mengingat betapa pentingnya peran memantau kesehatan balita, Tim Satgas TMMD Reguler ke-101 menggelar kegitan Posyandu bagi balita warga Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, Senin (16/04/2018). Bertempat di Balai Posyandu setempat, para prajurit menggandeng para ibu-ibu PKK dan dinas kesehatan untuk memantau perkembangan balita serta menyediakan makanan empat sehat lima sempurna.

”Banyak warga yang enggan membawa balita untuk berkunjung ke Posyandu karena orangtua tidak tahu manfaatnya. Mereka yang datang ke Posyandu juga tidak mendapat pelayanan yang memadai, balita hanya ditimbang berat badannya saja tanpa adanya pendidikan tentang gizi," ungkap Perwira pelaksana kegiatan Posyandu, Kapten (Inf) Purwanto.

Purwanto mengatakan diadakan Posyandu dilokasi TMMD Regumer ke-101 ini untuk  mengenalkan dan mensosialisasikan peran layanan kesehatan balita, ibu hamil dan lansia. diharapkan melalui program non fisik TMMD Reguler ke-101 warga dapat hudup sehat dengan menekan angka persoalan gizi buruk balita.

Sementara itu Kepala Kelurahan Pandeyan, Sulasmi menegaskan kegiatan Posyandu di wilayahnya selama ini telah terlaksana dengan baik. Tiap beberapa RW memiliki Posyandu dan ada warga yang menjadi penanggungjawabnya.

Ia juga menegaskan tak ada kasus balita guzi buruk di Kelurahan Pandeyan. Hal itu bisa terwujud berkat kerjasama Posyando dengan berbagai pihak serta kesadaran para orangtua dalam memantau serta memberikan gizi buah hatinya. (Van)