DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 16 April 2018 / 17:56 WIB

Lomba Balita dan Lansia Meriahkan TMMD Reguler ke-101

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam membantu meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta menggelar Lomba Balita Sehat dan Lansia bagi warga di Balai Posyandu sekitar, Senin (16/04/2018). Kegiatan ini merupakan bagian dari progran non fisik yang dilaksanakan Tim Satgas TMMD Reguler ke-101 bersama ibu-ibu anggota PKK setempat.

Bagi kelompok lansia, kegiatan ini akan menjadi cara dalam melatih daya Ingat.aerta untuk mendapatkan suasana gembira yang dapat mendukung kondisi kesehatan psikologis lanjut usia. Sedangkan bagi balita lomba ini bisa digunakan sebagai sarana mengukur sejauh mana perkembangan anak sesuat dengan dengan usianya.

Perwira penanggungjawab kegiatan, Kapten (Inf) Purwanto menjelaskan seluruh balita dan lansia warga Kampung Gambiran berpartisipasi dalam program ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Ini sebenarnya cara untuk mengingatkan warga tentang kesehatannya. Dari kegiatan ini para lansia akan lebih memperhatikan kesehatannya, sedangkan bagi oara balita maka orangtua dapat nemantau perkembangan buah hatinya," jelas Purwanto.

Menurutnya lansia merupakan kelompok warga yang harus diperhatikan, walau dari segi usia sudah lanjut namun tetap harus didorong untuk tetap bisa berdaya dalam kehidupannya. Sedangkan balita sebagai generasi penerus harus tetap dijaga, karena dari pundak mereka lah masa depan bangsa bertumpu kepadanya.

Mbah Tugiyah (72) salah seorang warga peserta lomba lansia mengaju senang dengan adanya kegiatan ini. Dikatakannya warga Kampung Gambiran ada beberapa yang seusia dengannya, selama ini mereka jarang bertemu dan berkumpul dan sibuk dengan kegiatannya masing-masing.

"Dengan acara ini kami dapat berkumpul. Lomba ini juga bagus untuk kesehatan kami yang sudah lansia, badan jadi bisa bergerak dan sehat," ujarnya.

Dalam lomba ini para lansia dibagi beberapa kelompok untuk mengikuti berbagai macam lomba seperti keranjang estafer maupun kata berantai melatih ingatan. Sementara bagi para balitan diisi dengan lomba merangkak serta lomba kesesuaian antara berat ideal yang disesuaikan dengan usia dan tinggi badan. (Van)