DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 15 April 2018 / 15:11 WIB

Satgas TMMD Reguler Latih Warga Baris-berbaris

YOGYA, KRJOGJA.com - Ditengah kegiatan pembangunan fisik di siang hari, Tim Satgas TMMD Reguler ke-101 menyempatkan melatih warga baris berbaris. Diikuti puluhan warga mayoritas sudah tua tersebut, masyarakat Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo cukup antusias mengikuti aba-aba dari prajurit yang bertindak sebagai instruktur.

Dalam latihan ini prajurit memberikan beberapa materi seperti dasar baris-berbatis, sikap hormat serta pemahaman tentang aba-aba. Pendidikan baris-berbaris ini diberikan untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab serta semangat disiplin masyarakat.

"Dalam militer, baris-berbaris merupakan hal dasar yang wajib dimiliki prajurit. Dari baris-berbaris inilah akan tertanam sikap disiplin, kebersamaan dan patuh akan perintah pemimpin," tegas perwira Tim Satgas TMMD Reguler ke-101, Kapten Arm Paico disela memberikan materi baris-berbaris di Taman Legawong Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, Minggu (15/04/2018).

Dikatakannya kegiatan ini merupakan bagian dari program non fisik TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta. Sasaran dalam kegiatan kali ini yakni warga dengan usia remaja, dewasa hingga tua.

Prabowo (70) salah seorang warga RW.08 Kampung Gambiran Kelurahan Pandeyan mengaku sangat mendapat pelatihan baris-berbaris, apalagi diajarkan langsung oleh prajurit..Diakuinya cukup sulit untuk mengikuti gerakan serta aba-aba yang diberikan, namun hal itu tak menghalanginya untuk belajar baris-berbaris.

"Saya dengan semangat ingin memberikan contoh pada anak muda. Yang tua seperti saja masih mau belajar, apalagi mereka yang muda," kata kakek ini. (Van)