Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 11 April 2018 / 22:25 WIB

Maybank Foundation Lanjutkan Program RISE di Medan

MEDAN, KRJOGJA.com - Menyusul peluncuran program 'Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE)'  pada Februari 2018 lalu, Maybank Indonesia bersama yayasan sosial yang dimiliki Maybank Group, Maybank Foundation, melaksanakan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas di Medan, yang dipusatkan di Panti Jompo Karya Asih, JL. Robert Wolter Monginsidi Ujung, Anggrung, Medan Polonia, Medan, mulai 9 April 2018 dan berakhir hari ini.   

Penutupan pelatihan RISE di Medan juga dihadiri Risca Bernadetta Pasaribu, Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara. 

"Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia. Selaras dengan misi humanising financial services, Maybank Indonesia secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program," kata Head, Corporate Communications & Branding, Maybank Indonesia Esti Nugraheni sebagaimana keterangan persnya.

Esti menjelaskan RISE bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri serta meningkatkan keterampilan hingga meningkatkan kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE.  

"Kami berharap program ini dapat membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya," kata Esti Nugraheni.

Pada awalnya, program RISE dilaksanakan di Malaysia sejak September 2014 dan berhasil mencapai kesuksesan, dengan membukukan 411,7% rata-rata kenaikan pendapatan dari 40 peserta terbaik dalam periode 6 (enam) bulan yang berakhir April 2015. Pada saat itu, program RISE telah diikuti lebih dari 1.300 peserta di Malaysia kemudian pada 2016 mulai dikembangkan ke regional, termasuk ke Indonesia dan Filipina.

Di Indonesia, proyek percontohan (pilot project) program RISE dilaksanakan kepada 211 penyandang disabilitas di Jakarta dan Yogyakarta pada 2016. Serangkaian program pelatihan kemudian dilakukan selama 2017 kepada 100 penyandang disabilitas di Bali, 119 penyandang disabilitas di Tangerang dan 116 penyandang disabilitas di Bogor, 82 penyandang disabilitas di Bekasi, 86 penyandang disabilitas di Bandung serta pada 2018 kepada 123 penyandang disabilitas di Yogyakarta serta 209 penyandang disabilitas, baik di Malang maupun di Solo. (*)