Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 11 April 2018 / 18:40 WIB

Korem 072/Pmk Gelar Latihan Posko Penanggulangan Bencana

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Korem 072/Pamungkas Yogyakarta melaksanakan latihan posko penanggulangan bencana di Kodim 0706/Temanggung, Rabu (11/4). 

Komandan Resort Militer (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan latihan diperlukan mengingat besarnya potensi kebencanaan yang diperlukan penanganan cepat. Pelatihan juga bertujuan meningkatkan respon setiap Kodim ketika menanggulangi akibat bencana di wilayahnya.

"Kodim harus memiliki kemampuan yang handal dan selalu tanggap dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi di wilayah, seperti bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya," katanya saat membuka latihan.

Dikatakan dalam penanganan bencana TNI harus sinergi dengan berbagai instansi dan semua komponen masyarakat. Maka itu pada latihan tersebut diharapkan pula dapat meningkatkan sinergitas dan menciptakan situasi kondusif saat kegiatan penanggulangan bencana alam.

Dikemukakan pada pelatihan TNI bersama seluruh komponen bangsa membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dalam rangka Operasi Militer Selain Perang'. 

Kapenrem 072/Pamungkas Yogyakarta, Mayor Caj Syamsul Ma’arif mengatakan pelaksanaan latihan dilakukan mengingat perkembangan situasi di wilayah yang diakibatkan adanya perubahan cuaca dan fenomena alam secara ekstrim di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah DIY dan Jawa Tengah yang rentan akan bencana. "Latihan gladi posko dalam penanggulangan bencana alam akan digelar selama tiga hari kedepan, yakni mulai tanggal 10 April sampai dengan 12 April 2018 di Makodim 0706/Temanggung," katanya. (Osy)