DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 18 Agustus 2016 / 00:15 WIB

Pemuda Ini Tato Tubuhnya dengan Gambar Ki Hajar Dewantara

YOGYA (KRjogja.com) - Salah satu sudut Perang Tatttoo di event Tattoo Merdeka #3 di Jogja National Museum (JNM) Rabu (17/8/2016) cukup menyita ribuan pengunjung yang hadir. Betapa tidak, seorang pemuda tengah dirajah paha kanannya dengan gambar salah satu tokoh perjuangan Ki Hajar Dewantara.

 

Pemuda tersebut alah Aldi Aruna (22) yang akhirnya memutuskan bersedia ditato dengan wajah Ki Hajar Dewantara, tokoh perjuangan yang dijuluki Bapak Pendidikan Nasional. Saat KRjogja.com berbincang dengan Aldi, gambar Ki Hajar di paha sebelah kanan masih terlihat samar-samar.

Tattoo artist, Bagus Raga Sukma (24) masih terus menghujamkan jarum yang ada di alat tattoo untuk membuat gambar sesuai sketsa yang diinginkan. "Paling waktunya butuh empat jam karena cukup besar dan harus hati-hati," ungkap Bagus singkat.

Pemilihan Ki Hajar Dewantara menurut Bagus dilatarbelakangi sejarah luar biasa dari tokoh tersebut dalam perjuangan bangsa. Apalagi, Ki Hajar membawa prinsip pembelajaran yang kemudian diimplementasikan oleh negara-negara lain.

"Ki Hajar ini tokoh yang berpengaruh di Yogyakarta dan Indonesia karena pejuang pendidikan. Kami buat sketsa gambar dan akhirnya dituangkan dalam tattoo hari ini," imbuhnya.

Bagi Aldi Aruna, dirajah selama empat jam membawa pengalaman tersendiri yang sulit terlupakan terlebih dilakukan pada hari Kemerdekaan RI. "Saya sudah tiga kali di tato tapi yang ini spesial, gambarnya Ki Hajar Dewantara dan dilakukan pas hari kemerdekaan, ada rasa puas," ungkapnya. (Fxh)