DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 10 April 2018 / 19:34 WIB

Lanal Yogyakarta Komitmen Sukseskan TMMD Reguler ke-101

YOGYA, KRJOGJA.com - Jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta berkomitmen untuk turut menyukseskan program TMMD Reguler ke-101 yang dilaksanakna di Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo. Komitmen tersebut dibuktikan Lanal Yogyakarta dengan menerjunkan puluhan prajuritnya untuk turut bergabung dalam serbuan teritorial tersebut.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano menegaskan, pelaksanaan TMMD Reguler merupakan tanggungjawab Angkatan Darat (AD) melalui kodim setempat, namun sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) maka Angkatan Laut (AL) juga kewajiban yang sama untuk menjalankan perintah itu. Dalam TMMD Reguler semua matra dilebur menjadi satu semangat yang sama, yakni gotongroyong untuk menciptakan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Semua matra berkumpul jadi satu di sini. Tujuannya hanya sati, yakni melaksanakan pembangunan bersama warga guna mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat,” tegas Arya Delano saat meninjau secara langsung kegiatan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta yang dipusatkan di Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, Selasa (10/04/2018).

Arya Delano menambahkan, walau tugas dan fungsi utama TNI AL yakni menjaga pertahanan laut nusantara, namun kegiatan kemasyarakatan juga tetap menjadi tugasnya. Selama ini jajaran Lanal Yogyakarta selama ini juga telah melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan yakni pemberdayaan warga pesisir, pelatihan pengolahan hasil laut hingga karya bhakti membesihkan pantai-pantai dari dari sampah.


“Semua dalam TNI baik AL, AD maupun AU pasti memiliki program untuk melaksanakan kegiatan kemasyarakatan. Ini semua telah diatur dalam undang-undang dan menjadi tanggungjawab kami bersama sebagai bagian dari TNI,” jelasnya.

 

Dalam kunjungan ini Danlanal diterima langsung Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah yang juga selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-101. Arya Delano juga sempat mengunjungi rumah milik warga yang dijadikan ‘barak’ para prajurit Marinir Lanal Yogyakarta.


Kepada para prajuritnya, Arya Delano menegaskan untuk selalu mematuhi segala perintah yang diberikan Dansatgas TMMD Reguler ke-101. Para prajurit juga harus tetap pantan menyerah untuk bekerja dan selalu menjaga nama baik satuan di hadapan masyarakat. (Van)

 

 

Dengan program TMMD ini maka akan Mendorong kreatifitas  masyarakat desa dalam mengangkat kwalitas kehidupan ke jalan yang lebih baik, lebih maju, sejahtera, mandiri dan dapat bantu wawasan kebangsaan dengan sadar tanah air, patriotisme dan sadar bela Negara hingga timbul jiwa nasionalisme dan menjauhkan masyarakat dari tindakan kekerasan/konflik horizontal.”Tambahnya…
   

 


YOGYA, KRJOGJA<co0 Kodimjogja.com - Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kec Umbuljarjo, Kota Yogyakarta berlangsung Kunjungan Komandan Lanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd beserta rombongan Palaksa Lanal Yga, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar. Stud, Ka Akun, Mayor Laut (S) Sucipto Aji Herlambang, Dandenpomal, Mayor Laut (PM).Adhi Kurnianto, Pj Pasops, Kapten Laut (E) Agus Murdiyanto, Dansatma Kapten Laut (E) Totok Musyanto, Ka. BK,  Kapten Laut (K) Ngadino, Kaurpers, Kapten Laut (Kh) Agus Mulyanto, Pjs Paspotmar, Kapten Laut (P) Ahmad Sugianto, Paur Ops Unit Intelijen, Letda Laut (P) Benu Purnomo dalam rangka meninjau pelaksanaan TMMD Reguler ke-101 Tahun 2018 Kodim 0734/Yka dan diterima Dandim 0734/Yka, Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E.,M.M (Dansatgas TMMD) dan dilanjutkan makan siang bersama Anggota Satgas TMMD.
Pada kesempatan tersebut Komandan Lanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd meninggalkan posko Taktis TMMD didampingi Dandim  0734/ Yogyakarta beserta Danramil jajaran Kodim 0734/Yogyakarta, menuju lokasi posko personil  Lanal Yogyakarta  di rumah Bapak Mustofa. Setibanya di posko Personil Lanal Yogyakata diterima Danru TMMD personil Lanal Yogyakarta, Peltu Mar Agus Sumaryanto beserta anggota dilanjutkan pengarahan. Inti arahan Komandan Lanal Yogyakarta kepada Personil Lanal Yogyakarta, “Menekankan kepada personil Lanal Yogyakarta yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD untuk tetap samangat dalam melaksanakan tugas bekerjasama dengan unsur TNI Polri dam masyarakat setempat. Laksanakan semua perintah dan arahan dari Komandan Kodim 0734/ Yogyakarta  selaku leading Sektor pelaksanaan TMMD, dan Mengharapkan personil Lanal Yogyakarta selama dalam pelaksanaan TMMD tetap mengutamakan dan menjaga kesehatan.”Ungkapnya..
Komandan Lanal Yogyakarta juga menjelaskan, “Dengan program TMMD ini Mendorong kreatifitas  masyarakat desa dalam mengangkat kwalitas kehidupan ke jalan yang lebih baik, lebih maju, sejahtera, mandiri dan dapat bantu wawasan kebangsaan dengan sadar tanah air, patriotisme dan sadar bela Negara hingga timbul jiwa nasionalisme dan menjauhkan masyarakat dari tindakan kekerasan/konflik horizontal.”Tambahnya…
Selesai memberikan pengarahan kepada prajurit Satgas TMMD Reguler ke - 101 Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd bergerak menuju lokasi talud di damping Dansatgas TMMD Letkol Inf Rudy Firmansyah S.E, M.M untuk pengecekan ke lokasi hasil sementara TMMD Reguler ke-101 di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Selesai Meninjau lokasi pembangunan fisik (Talud bronjong sungai gajah wong) dilanjutkan wawancara dengan Media (RCTI, Jogja TV, AD TV, RBTV, SCTV).