Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 10 April 2018 / 12:23 WIB

DI MAN 1 SLEMAN

Studi Integratif Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kecakapan dan ketrampilan oleh siswa tidak hanya saat pembelajaran di dalam kelas. Kunjungan ke dunia industri merupakan langkah integratif dalam pencapaian kecakapan.  
 
"Peserta didik kami ajak mengunjungi industri kerajinan tangan.  Mereka belajar bagaimana pengelolaan usaha kerajinan, mulai dari pengadaan bahan, proses produksi hingga pemasaran.  Termasuk juga manajemen keuangan dari aspek ekonomi, penghitungan rugi-laba,” jelas Koordinator studi integratif Ernawati,SE,MSI saat mendampingi peserta didik MAN 1 Sleman Senin (09/04/2018).
 
Studi integratif ke Desa Kerajinan Gamplong diikuti 96 siswa kelas X IPS dan Keagamaan dengan 11 guru pendamping. Selain diberi penjelasan teori, siswa juga dapat mengikuti proses produksi dan praktek secara langsung. Bahkan hasil praktek bisa mereka bawa pulang, yang belum jadi akan diantar ke madrasah
 
"Melalui kunjungan ini, lanjutnya, siswa bisa memperoleh pengetahuan, pengalaman serta belajar kewirausahaan. Ternyata  dengan bahan dasar sangat sederhana bisa dikembangkan untuk wirausaha, bisa untuk hidup. (*)