DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 09 April 2018 / 13:50 WIB

Kodim Bantul Beri Latsarmendis Siswa SMK Muhammadiyah Imogiri

BANTUL, KRJOGJA.com - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno dibuka Pelatihan Dasar Mental Disiplin (LATSARMENDIS) Angkatan IV Tahun 2018 di Lapangan SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul, Senin (09/04/2018). Kegiatan ini diikuti sekitar 503 siswa khususnya pelajar kelas X SMK tersebut.

Suwarno dalam amanatnya menegaskan, Latsarmendis merupakan wujud dari menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme dikalangan pelajar. Selain itu Latsarmendis juga merupakan upaya memberikan bekal pengetahuan untuk membentuk sikap disiplin dan mental yang kuat dalam memperkokoh rasa persatuan serta kesatuan.

"Latihan ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan, tapi harus menjadi wahana untuk mempertebal semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan Negara. Disamping pemberian ilmu akademis tetapi juga pemberian pengetahuan kedisiplinan yang mendalam sangat penting mengenai kedisiplinan diri,” tegasnya.

Ditambahkannya penyakit masyarakat yang mulai meningkat seperti tawuran dan tindakan kriminal sangat rentan mempengaruhi para generasi, khususnya para pelajar. Hal seperti itu harus dilawan dengan menciptakan iklim kebersamaan dan kekeluargaan antara guru dengan siswa serta melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap perilaku siswa.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri, Nur Wahyuntoro mengatakan sikap disiplin harus dimiliki siswa. Siswa yang disiplin maka dalam pendidikan akan memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi guna meraih prestasi.

"Perkembangan saat ini dikalangan pelajar mulai runtuh kedisiplinannya sehingga kami meminta bantuan kepada TNI dalam pembentukan sikap kedisiplinan secara baik dan benar," jelasnya. (Van)