Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 17 Agustus 2016 / 17:28 WIB

Tidak Mau Kalah, PSK Pati Ikut Gelar Upacara Bendera

PATI (KRjogja.com) - Sebanyak 300 Pekerja Seks Komersial (PSK) Margorejo, pada Rabu (17/8)  menggelar upacara HUT RI ke 71 di halaman pasar hewan Wage. Bertintak sebagai Inspektur Upacara adalah Komandan Kodim 0718 Pati, Letkol Inf Andi K.  

Petugas upacara juga tidak lazim karena dilaksanakan oleh pengelola dan penghuni lokalisasi sendiri. Untuk Komandan Upacara adalah Mastur, yang sehari-harinya dikenal sebagai germo LI. Kemudian istrinya, yang bernama Yati bertugas menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sedang pembaca UUD 19145 adalah Nunung Sugiarti dan teks Proklamasi dibaca Wini Rika Tinular, keduanya dikenal sebagai PSK setempat.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa. Ketika nasib mereka tidak semujur orang lain, namun para PSK tetap menggelar upacara untuk memperingati HUT RI ke 71” kata Komandan Kodim 0718 Pati, Letkol Inf Andi K, usai membacakan amanat tertulis Menteri Riset dan dan Tehnologi RI.

Yang menarik dari pelaksanaan upacara 17an di halaman pasar hewan Wage Margorejo, peserta upacara harus dijemput dari rumah germo dengan kendaraan bak terbuka. Pakaian ketat dan make upnya juga terlihat mencolok menor.

Pengurus Gus DuRian Pati, K Hepy Irianto yang dikenal sebagai pembina PSK LI menyatakan banyak ragam dan cara dari warga bangsa untuk mencintai negaranya. “Kita harus bisa membuat ruang untuk ekspresi mereka. Mudah-mudahan akan tumbuh kesadaran diantara mereka jika mencintai Indonesia tidak harus hidup di lingkungan pelacuran” tutur kiai asal Gembong ini.  (Cuk)