Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 09 April 2018 / 03:43 WIB

Filmmaker Purworejo Garap Dokumenter Penulis Bali

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Filmmaker Purworejo yang tergabung dalam Tim Reviens berhasil menggarap film dokumenter kisah hidup penulis Bali I Wayan Budi Artawan.  Film berdurasi 20 menit itu diputar di sejumlah tempat di Bali dan berhasil memukau ratusan tamu undangan. Film dirilis di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung Bali pada awal April 2018. 

"Film ini adalah proyek kreatif sosial Tim Reviens, kami memilih I Wayan Budi Artawan karena latar belakang dan kiprahnya dalam dunia sastra saat ini," ungkap pendiri Tim Reviens Ilhan Erda, kepada KRJOGJA.com, Minggu (08/04/2018).
  
Ada banyak sisi menarik yang bisa diangkat dari sosok I Wayan Budi Artawan. Pria kelahiran 49 tahun lalu itu merupakan mantan dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun ia berhenti
karena mengalami gangguan jiwa.

Sebelum sakit, kata Ilhan, I Wayan Budi Artawan adalah siswa berprestasi dan berhasil lulus dari ITB dengan predikat memuaskan. Wayan kemudian diterima sebagai staf pengajar di kampusnya. Namun ia
mengalami goncangan jiwa ketika gagal berangkat tugas belajar ke luar negeri tahun 1997.
  
I Wayan Budi kembali ke Bali dan menjalani terapi. Beberapa tahun kemudian, pria itu terkena sakit lumpuh. "Dalam keterpurukan itu, hadir Prof LK Suryani dan dr Cokorda Bagus Jaya Lesmana dari Suryani Mental Health Denpasar. Mereka melakukan berbagai terapi untuk Wayan hingga sembuh total," tuturnya.
  
Wayan yang masih aktif membaca kemudian menulis beberapa buku dan artikel. "Termasuk buku biografi Dan Matahari Pun Bersinar Lagi yang diterbitkan 2017, buku itu kami adaptasi jadi film dokumenter," ujarnya.

Selain menjadikan Wayan sebagai tokoh utama, tim yang terdiri dari Ilhan Erda, Umar Farq, Kukuh Waluyo, Yan Nugroho dan sutradara Adi Cesario juga mewawancara sejumlah tokoh nasional, alumni ITB serta masyarakat Bali. Pengambilan gambar mulai Januari 2018, dilanjutkan proses editing dan film selesai memasuki Bulan April. (Jas)