Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 09 April 2018 / 00:10 WIB

DPC Demokrat Jamin Pendaftaran Caleg Gratis

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Purworejo membuka pendaftaran calon legislatif untuk bersaing dalam Pemilu 2019 dan menjamin tidak ada pungutan biaya bagi masyarakat yang mendaftar lewat partai berlambang Bintang Mercy itu.

Ketua DPC Partai Demokrat Purworejo Yophi Prabowo mengatakan, siapapun bebas mendaftar sebagai calon legislatif di partainya. "Sudah dibuka dan tidak ada biaya sepeserpun bagi para calon," ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Minggu (8/4).
  
Para calon, kata Yophi, nantinya akan mengeluarkan biaya sendiri untuk pengadaan alat peraga materi kampanye. Bentuk alat peraga yang dibuat para caleg biasanya berbentuk kaos dan stiker. Alat peraga hanyalah satu bagian cara pemenangan.

Menurutnya, syarat utama kemenangan caleg adalah kedekatan dengan masyarakat. "Jika bisa dekat, sosialisasi yang baik dan bisa meraih simpati masyarakat, maka mudah memenangkan kompetisi," tegasnya.

Pada pendaftaran hari pertama Sabtu (07/04/2018), sebanyak 15 orang mendaftar sebagai bakal caleg DPC Partai Demokrat Purworejo. Enam diantaranya merupakan anggota Fraksi Demokrat DPRD Purworejo, sedangkan sembilan dari masyarakat. "Mereka adalah kader Demokrat di kecamatan, tokoh masyarakat dan ada jurnalis. Dua dari 15 bakal calon adalah perempuan," tuturnya.
  
DPC Demokrat Purworejo menargetkan 45 caleg dengan keterwakilan perempuan 30 persen, untuk berkompetisi dalam pemilu. Pendaftaran rencananya dibuka hingga Juni 2018, dengan melihat perkembangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru.(Jas)