DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 17 Agustus 2016 / 17:10 WIB

17-an, Warga Magkuyudan Balapan Becak

YOGYA (KRjogja.com) - Kreatifitas warga Yogyakarta dalam memeriahkan HUT RI ke-71, Rabu (17/8/2016) tidak diragukan lagi. Di kampung Mangkuyudan Mantrijeron misalnya, warga berusaha beradu cepat merebut juara menggunakan becak kayuh.

Pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat dua becak mulai berpacu melaju di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 200 meter. Para peserta yang tampak tak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh becak-becak tersebut.

Gelak tawa tak terelakkan muncul dari wajah warga yang menyemut di sepanjang lintasan saat dua-dua tim beradu cepat. Suasana cair dan bahagia tampak di wajah warga Mangkuyudan tepat di hari kemerdekaan Indonesia.

Eka Setiadi Nugraha, ketua panitia mengatakan lomba balap becak tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di Mangkuyudan. "Kami buat lomba yang tak biasa, kemudian berpikir dan akhirnya tercetus balapan becak ini," ungkapnya.

Pemilihan becak menurut Eka didasarkan pada pertimbangan historis alat transportasi tradisional tersebut. "Becak ini khas Yogyakarta dan perlu dilestarikan, salah satu caranya menurut kami ya dengan  lomba ini," lanjutnya.

Beberapa peserta pun sempat terjatuh dari becak karena tak terbiasa mengendalikan becak. Tak ayal kejadian lucu tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang berkumpul di Mangkuyudan. (Fxh)