DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 07 April 2018 / 21:10 WIB

Sancaka “Senggol” Truk di Ngawi, 6 KA Terpaksa Berputar

YOGYA, KRJOGJA.com - Insiden kecelakaan yang dialami KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Jumat (6/4/2018) malam di Sambirejo Mantingan Ngawi hingga menewaskan masinis membuat perjalanan 6 kereta lain sepanjang Sabtu (7/4/2018) terganggu. 

Enam kereta terpaksa memutar arah baik yang menuju arah timur maupun barat. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan evakuasi gerbong dan lokomotif yang anjlog pasca kejadian nahas tersebut dilakukan hingga Sabtu hari ini.

Akibatnya, enam rangkaian kereta api yang melewati jalur tersebut terpaksa memutar arah. “Perjalanan KA dar timur seperti Jember, Malang, Surabaya ke arah barat seperti Yogyakarta dan Jakarta harus jalan memutar melalui Pasar Turi, Gambringan, Gundih dan baru masuk Solo.

Begitu juga sebaliknya dari barat karena proses evakuasi tadi masih berlangsung,” ungkapnya. Adapun menurut Eko, perjalanan enam KA yang terganggu antara lain Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Bima, Majapahit dan Malabar. 

“Dari barat dan timur memang terdampak,” sambungnya. Sementara terkait evakuasi, Eko menyebutkan masih terus berlangsung hingga Sabtu petang ini. Petugas gabungan dari beberapa Daop masih berusaha menormalisasi rel sekaligus menyingkirkan loko dan gerbong Sancaka yang sempat anjlok akibat kecelakaan dan ditargetkan selesai pukul 20.00 WIB. 

Untuk korban jiwa, dipastikan satu orang yakni masinis KA Sancaka atasanama Mustofa warga Madiun Jawa Timur. 

Empat kru dan penumpang mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut dan mendapatkan perawatan di RS At Tien Ngawi. (Fxh)