DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 08 April 2018 / 09:12 WIB

Warga Rasakan Kedekatan Bersama Prajurit

YOGYA, KRJOGJA.com - Baru hari kelima pelaksanaan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, warga Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo mulai merasakan kedekatan dengan prajurit. Prajurit yang keseharian tinggal di rumah-rumah warga giat menjalin komunikasi sosial dengan warga sehingga kemanunggalan antara TNI dan rakyat terbangun.

Kepala Kelurahan Pandean, Sulasmi mengungkapkan warganya mulai terbiasa dengan kehadiran prajurit ditengah-tengah mereka. Prajurit juga dianggapnya telah berhasil menempatkan diri berbaur dengan warga Pandean melalui berbagai kegiatan.

“Jadi pertemuan dengan warga tak hanya saat pengerjaan siang hari saja, melainkan diluar itu komunikasi terbangun dengan baik. Saat malam hari pun para parajurit juga sering terlihat bergabung dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan,” ungkap Sulasmi di Pandean, Minggu (08/04/2018).

Senada dengan itu, Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta sangat mengapresiasi peran prajuritnya di tengah masyarakat. Ditegaskannya, inilah tujuan dilaksanakna TMMD yakni terciptanya kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Kami selalu mengingatkan kepada para anggota untuk bersikap baik kepada warga dan jangan sekali-kali melukai hati rakyat. Komunikasi harus selalu terjalin, karena dengan komunikasi itulah awal dari suatu hubungan baik tercipta,” tegasnya.

Ratusan prajurit telah diterjunkan ke Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo untuk melaksanakan program TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Setidaknya 18 rumah warga dijadikan barak untuk menetap sementara bagi prajurit.

Seluruh pasukan akan resmi ditarik kembali ke markas pada 3 Mei mendatang. Para personel ditarik seiring dengan secara ditutupnya TMMD Reguler ke-101 secara nasional oleh Panglima TNI AD. (Van)