Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 02 April 2018 / 13:31 WIB

Lahan Semakin Sempit, Rusunawa Modern Siap Dibangun di Magelang


MAGELANG, KRJOGJA.com - Pemerintah Kota Magelang, pada 2018 akan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) berkapasitas 76 ruang hunian di dekat pusat perekonomian Pasar Kebonpolo Kelurahan Wates, Magelang Selatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemkot Magelang Handini Rahayu di Magelang, Minggu (1/4/2018), mengatakan rusunawa Wates sebagai yang ketiga di kota itu, setelah sebelumnya dibangun rusunawa serupa di Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah dan Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

Rusunawa Wates akan dibangun di lahan seluas 4.500 meter persegi berupa bangunan empat lantai, dengan setiap ruang hunian bertipe 24, antara lain terdiri atas dua kamar tidur, masing-masing satu ruang tamu, dapur, tempat jemuran pakaian, dan kamar mandi.

Pemkot Magelang juga akan membangun 50 unit rumah deret di Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Selatan. Lokasi rumah deret tersebut berdekatan dengan rusunawa Wates.

“Lokasinya berdekatan dengan Pasar Kebonpolo. Pembangunan fasilitas tersebut untuk memenuhi kebutuhan warga akan tempat tinggal,” ujar dia.

Ia mengatakan bahwa akses jalan dari rusunawa dan rumah deret Kelurahan Wates menuju pusat Kota Magelang tidak terlalu jauh. Kota Magelang meliputi 17 kelurahan dan tiga kecamatan.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan rusunawa dan rumah deret dilakukan pemkot karena kondisi lahan di Kota Magelang relatif terbatas.

“Jadi pembangunan rusunawa dan rumah deret itu, juta untuk efisiensi pemanfaatan lahan hunian kota,” kata dia.

Mereka yang akan menempati fasilitas tersebut, ujar dia, warga yang berpenghasilan relatif rendah atau kurang dari dua juta rupiah per bulan. (*)