Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 02 April 2018 / 00:30 WIB

Hilang Kontak, WNA Diduga Tersesat di Gunung Merbabu

SEMARANG, KRJOGA.com - Andrey Voytech (39) warga negara New Zealand diduga hilang saat mendaki di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Korban hilang kontak sejak Jumat (30/3/2018) pukul 17.00 WIB,  Peristiwa ini baru dilaporkan oleh teman korban pada Sabtu (31/3/2018) malam. Kini tim sedang melakukan pencarian terhadap keberadaan korban. Hingga Minggu (1/4/2018) malam tim belum berhasil menemukan korban karena kendala cuaca.

Informasi yang dihimpun KRJOGJA.com, Andrey berangkat dari Yogyakarta menyewa motor di Bandara Adisutjipto dan ditemani oleh rekannya bernama Sistha Amina (20) warga Perum Graha Alzalia Jalan Amarlis 2 Kota Magelang. Keduanya berangkat ke Kopeng, Kabupaten Semarang pada Kamis (29/3/2018) dan menginap di Hotel Sanjaya kawasan wisata Kopeng.

Selanjutnya pada Jumat (30/3/2018) pagi korban mengendarai motor naik ke basecamp Cuntel, Desa Kopeng ke pendakian puncak Gunung Merbabu. Korban menghubungi temanya Sistha (pelapor) terakhir pada Jumat sore sekitar pukul 16.57 WIB, setelah itu tidak menghubungi lagi.

Sementara motor yang dikendarai korban ditemukan petugas Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) di pinggir hutan. Beberapa saksi yang juga pendaki Merbabu, sempat melihat dan berpapasan dengan korban di jalur pendakian melalui Tekelen, Desa Batur, Kecamatan Getasan.

“Saya berpapasan dengan pendaki asing di daerah Tekelen,” ujar saksi Ari (36) pendaki asal Dukuh Kliping, Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang kepada tim, Minggu (1/4/2018).

Kapolsek Getasan, AKP Masrurun dihubungi KRJOGJA.com, Minggu (1/4/2018) malam membenarkan hilangnya WNA di pendakian Gunung Merbabu. Ia mengungkapkan saat ini sedang dlakukan pencarian bersama warga, relawan dan dari jajaran TNI Koramil Getasan. Selain itu juga melibatkan anggota dari SAR.(Sus)