Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 16 Agustus 2016 / 21:52 WIB

Syukuran Kemerdekaan, Warga Gelar Upacara Malam Hari

MAGELANG (KRJogja.com) - Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI biasanya dilakukan pagi atau siang hari, namun di RW 5 Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang upacara dilaksanakan pada malam hari. Ini seperti yang terlihat di halaman Balai RW 5 Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang, Selasa (16/8/2016) malam.

Upacara dipimpin Ketua RW 5 Wardoyo. Meskipun dilaksanakan pada malam, terlebih beberapa jam sebelumnya hujan juga sempat mengguyur, upacara tetap berlangsung khidmat. Kelompok barisan upacara ini dibagi tiga, yaitu anak-anak, bapak-bapak dan ibu-ibu. Kelompok kesenian tradisional juga mengikuti upacara ini. Pembina upacara dalam kegiatan ini juga membacakan sambutan tertulis Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT. Usai upacara juga dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng, yang dilanjutkan kegiatan makan bersama dan pementasan kesenian tradisional Jathilan.

Kepada KRJogja.com, Wardoyo diantaranya mengatakan semula kegiatan yang dilaksanakan hanya berupa kegiatan malam tirakatan di Balai RW. Pada perjalanan selanjutnya kegiatan ditingkatkan dengan kegiatan upacara yang dihadiri semua warga. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia dan mengheningkan cipta juga dilaksanakan dalam kegiatan ini. Semula upacara dilaksanakan di dalam Balai RW. Karena tidak muat, upacara dilaksanakan di halaman Balai RW. (Tha)