Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 24 Maret 2018 / 06:16 WIB

Pemberontak Suriah Menyerah Tinggalkan Ghouta

SURIAH, KRJOGJA.com - Beberapa pemberontak Suriah dilaporkan mulai keluar dari Ghouta Timur menggunakan bus dan menyerahkan diri kepada militer setelah sebulan lebih bertempur dengan pemerintah di wilayah itu. Sebanyak 30 bus pemerintah dilaporkan mengangkut para pemberontak dan keluarganya meninggalkan Kota Harasta di Ghouta yang selama ini dikuasai pemberontak Ahrar al-Sham.

Media militer Suriah melaporkan sekitar 1.500 orang dan 6.000 anggota keluarganya telah sepakat meninggalkan wilayah itu. Televisi pemerintah menunjukkan beberapa kelompok orang tengah melaksanakan salat subuh terakhir mereka di Harasta sebelum dievakuasi keluar kota itu.

Para pemberontak di Harasta dilaporkan akan dipindahkan ke Kota Idlib, barat laut Suriah, yang menjadi tempat penampungan para pemberontak yang sepakat menyerahkan wilayahnya kepada pemerintah. Meski sebagian orang dievakuasi keluar Harasta, sebanyak 20 ribu lainnya diperkirakan akan tetap tinggal di kota itu dengan kesepakatan tunduk kepada pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Menyerahnya Ahrar al-Sham disebut sebagai kemenangan terbesar pasukan Assad atas pemberontak sejak pertempuran di Aleppo 2016 lalu. Sementara itu, pemberontak lainnya di selatan Ghouta, Failaq al-Rahman mengatakan gencatan senjata juga telah disepakati dengan pemerintah dan akan dimulai sekitar Jumat tengah malam waktu lokal. (*)