Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 10 Januari 2018 / 18:59 WIB

FKN dan FSKN Efektif Merajut Kebhinekaan

SOLO, KRJOGJA.com - Melalui Festival Kraton Nusantara (FKN) bekerjasama dengan Forum Komunikasi dan Informasi Kraton Nusantara (FKIKN), FSKN (Forum Silaturahmi Kraton Nusantara) adalah salah satu cara dan bentuk upaya menghidupkan spirit kebudayaan.

Selain itu terbukti mampu menjadi sarana yg efektif untuk meningkatkan upaya pelestarian budaya . Berkumpulnya para bangsawan keturunan kerajaan yang banyak andilnya terhadap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjaga nilai-nilai ke bhinekaan dan  persatuan bangsa disamping menjaga silaturahmi antar kraton se nusantara.

Anggota Dewan Pakar FSKN Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Dr Wirabumi SH MH memberi usulan kepada Presiden RI Jokowi, setelah sejumlah anggota FKN bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor beberapa waktu lalu. 

"Tindak lanjut pertemuan dimana Presiden Jokowi nguwongke kraton se nusantara, disambut gembira dan para bangsawan kraton merasa tersanjung, karena Presiden Jokowi memiliki perhatian yang tinggi terhadap budaya bersumberkan kraton,"ujar KP Wirabumi yang baru pulang ke Solo setelah merumuskan berbagai masalah kebudayaan dengan sejumlah keturunan bangsawan dari beberapa kerajaan di Sumatera, Selasa (10/1/2018).

Dipaparkan oleh Wirabumi, didampingi Sekjen FKIKN GKR Wandansari Koes Moertiyah , untuk merawat adat-istiadat dan budayanya karena kondisi kerajaan di berbagai daerah di nusantara tidak sama kondisinya,baik aspek ekonomi maupun sosial, maka diperlukan dukungan pemerintah termasuk suport pendanaan. 
"Berbagai kerajaan di berbagai daerah nusantara memiliki problem spesifik masing-masing.Ada yang masih lengkap personilnya dan kerajaannya, namun juga ada yang tinggal petilasannya. Namun semangat para pewarisnya untuk menghidupkan dan melestarikan adat-istiadat khasanah budaya asli kerajaan itu sangat tinggi,"papar Kanjeng Wira panggilan akrab menantu Pakoe Boewono XII itu.

Kanjeng Wira bersama Sekjen FKIKN GKR Wandansari Koes Moertiyah mengusulkan pemerintah memberi fasilitas bersama FSKN dan FKIKN ."Saat di Istana Bogor, saya surprise , saya yang mengajukan usulan urutan nomor lima, malah pada kesempatan pertama ditanggapi oleh Presiden Jokowi, bahwa usulan sekretariat FSKN dan FKIKN disanggupi oleh Presiden Jokowi,ujar Kanjeng Wira.

Dipaparkan oleh Sekjen FKIKN GKR Wandansari, peran budaya dalam membangun dan memajukan bangsa adalah membentuk karakter dan moral bangsa. "Krisis karakter, generasi muda yang tidak punya prinsip dan integritas adalah indikasi kegagalan pembangunan kebudayaan."ujarnya. 

Upaya membangun karakter bangsa ini dengan cara memperkenalkan kepada generasi muda bangsa Indonesia adalah sebuah program yang pada dasarnya mencoba mengatasi adanya indikasi krisis karakter di kalangan generasi muda saat ini. Yang harus ditanamkan sebagai fondasi pembentukan karakter bangsa yang sangat efektif. (Hwa).