Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Senin, 01 Januari 2018 / 05:31 WIB

56 Demonstran Palestina Ditembak Tentara Israel

PALESTINA, KRJOGJA.com - 56 demonstran Palestina dikabarkan terluka akibat ditembak oleh pasukan keamanan Israel, dalam rangkaian demo sporadis bertajuk krisis Yerusalem yang berujung bentrokan antara kedua belah pihak di Tepi Barat dan Gaza pada Jumat, 30 Desember 2017.

Di Gaza, pasukan Israel dilaporkan melepaskan tembakan ke arah sejumlah kelompok demonstran yang tersebar di beberapa titik wilayah. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (31/12/2017).

Penembakan itu menyebabkan total korban luka yang mencapai 40 orang. Empat di antaranya dalam kondisi kritis, kata Juru Bicara Dinas Kesehatan Gaza Ashraf Al Qudra.

Menanggapi peristiwa di Gaza, otoritas Israel mengatakan bahwa penembakan itu dilakukan untuk membela diri. Mereka mengklaim, 2.000 demonstran Palestina saat itu melempari pasukan Israel dengan batu dan bom molotov.

Sedangkan di Tepi Barat, pihak Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, 16 orang warganya terluka usai pasukan Israel memberondong sejumlah kelompok massa aksi di sejumlah titik di kawasan.

Menanggapi demo bertajuk Yerusalem yang digelar di Tepi Barat, otoritas Israel mengatakan bahwa penembakan itu dilakukan untuk membela diri. Mereka mengklaim, 500 demonstran Palestina saat itu melempari pasukan Israel dengan batu dan molotov.(*)