DIY Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 16 Desember 2017 / 15:12 WIB

Final Adstudent Pinasthika 2017: Satu Indonesia dengan Sepak Bola

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pinasthika 2017 hari kedua dimulai dengan presentasi finalis Adstudent di Monumen Jogja Kembali (16/12), Sleman, Yogyakarta. Lima finalis Adstudent dari berbagai kampus di Indonesia menyajikan presentasi brief dengan tema kesatuan bangsa melalui ajang sepak bola yang disampaikan oleh Djito Kasilo selaku ayah dari Adstudent.

Gesti dan Hani merupakan finalis yang pertama kali melakukan presentasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tim dari UMY menggagas ide FANTASTIS atau Fans Anti Anarkis yang akan menyatukan dua suporter bola yang saling berlawanan. 

Presentator kedua yaitu Oliver dan Kevin dari Universitas Kristen Petra memiliki pandangan yang berbeda untuk kampanyenya. Tim kedua ini ingin membuat komik strip dengan tema sepak bola dan konten yang diharapkan bisa menyadarkan mahasiswa bahwa perbedaan akan saling melengkapi.

Finalis ketiga yaitu Ovita dan Eva dari Universitas Multimedia Nusantara juga memberikan ide terbaiknya tentang Kalah Bukan Masalah. Mereka membuat jingle yang akan dinyanyikan oleh pemain sepak bola idolanya agar suporter dapat memahami semangat persatuan. Ketegangan presentasi finalis Adstudent Pinasthika tahun ini pun sedikit mencair setelah dua mahasiswi ini menyanyikan sedikit jinglenya.

Memasuki presentasi keempat, ada Dhemi dan Djoyo dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang percaya bahwa sepak bola adalah alat pemersatu bukan pemecah bangsa. Tim dari UAJY ini memiliki ide #IndonesiaBersatu dengan membiasakan suporter menyanyikan bersama Indonesia Raya di awal dan akhir pertandingan.

Sementara presentator terakhir dari Institut Teknologi Nasional Bandung yaitu Opik dan Ray mengusung ide Tak Kenal Maka Tak Damai yang berangkat dari permasalahan fanatisme suporter. Tim dari Itenas ini ingin membuat Liga Bhinneka yang merupakan liga persahabatan.

Setelah ini, ketiga dewan juri akan berdiskusi untuk menentukan pemenang Adstudent yang akan diumumkan nanti malam pada Awarding Pinasthika 2017. (Erwita Hutami)