Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 13 Desember 2017 / 10:37 WIB

Menkominfo Siap Blokir Situs Bitcoin, Asalkan..

JAKARTA, KRJOGJA.com – JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku siap untuk memblokir situs yang menyediakan jual beli mata uang digital atau bitcoin yang beredar di Indonesia. Akan tetapi hal tersebut masih harus menunggu instruksi dari Bank Indonesia selaku pihak yang mengatur kebijakan moneter.

"Saya dukung, kalau dilarang saya blok. Saya sih ikut BI karena yang mengatur sistem moneter ini kan BI," ujarnya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (12/12/2017).

Menurutnya, jika situs penjualan bitcoin diblokir maka masyarakat Indonesia tidak akan memakai mata uang digital tersebut. Karena untuk bisa membeli bitcoin maka masyarakat harus pergi keluar negeri terlebih dahulu.

"Blok situs sih gampang, saya minta operator nanti blok tidak bisa lagi akses bitcoin. Kalau situsnya ditutup di Indonesia, tidak bisa orang Indonesia membeli bitcoin," jelasnya.

Lebih lanjut Rudiantara menegaskan jika bitcoin bukanlah masuk dalam kategori digital currency atau mata uang digital. Bitcoin adalah sebuah komoditas atau barang yang tidak nyata yang diperjualbelikan di situs atau dunia Maya.

"Menurut saya, ini komoditas barang, misalkan saya beli ponsel ini 10 juta, sama beliau dibeli 15 juta, ini bitcoin namanya, dipindah pindahin, nanti kalau mau beli sesuatu dipakai ini (bitcoin)," jelasnya. (*)