Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 November 2017 / 17:17 WIB

TNI AL Segera Bentuk Pasukan Marinir di Sorong

JAKARTA, KRJOGJA.com - TNI AL akan segera dibentuk Pasukan Marinir (pasmar) 3 di Sorong serta pembentukan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) di Pontianak, Tarakan dan Sorong. Pembentukan pasmar 3 Sorong sebenarnya telah diajukan sejak tahun 2004 silam, namun belum terbentuk sampai saat ini.

Kepala Staf TNI AL Laksama TNI Ade Supandi menegaskan, rencana pembentukan pasmar 3 Sorong ini akan diajukan kembali. Tetapi hal tersebut juga tergantung pada keputusan presiden maupun usulan dari panglima.

"Nantinya Pasmar 3 diharapkan bagian TNI AL untuk membantu pertahanan pantai dan juga masalah peperangan teroritorial," ujar Ade, Rabu (15/11/2017).

Ade mengatakan, untuk bisa membangun pasukan Korps Marinir yang memiliki daya tempur baik, juga diperlukan dukungan dan komitmen dari pemerintah. Apalagi, lanjut Ade Korps Marinir menjadi bagian TNI AL sehingga harus memiliki tampilan postur, tampilan performa, dan daya tempur yang bisa menunjukkan kredibilitas negara dalam rangka pertahanan negara, khususnya di laut. (*)