DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 15 November 2017 / 00:30 WIB

JIHW 2017, Para Peserta Diajak “Mlaku Turut Candi”

YOGYA, KRJOGJA.com - Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2017 bakal digelar 18-19 November mendatang bertempat di dua lokasi berbeda yakni Prambanan dan Imogiri. Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, kali ini para peserta baik dari dalam maupun luar negeri diajak untuk berjalan melewati jalur candi dan pedesaan di kawasan Kalasan Sleman.

Fitriani Kuroda, Ketua Penyelenggara JIHW 2017 mengatakan hingga saat ini tercatat 1500 pejalan kaki dari luar dan dalam negeri memastikan diri ikut serta dalam event dua hari. Cukup spesial tahun 2017 ini, muncul peserta pejalan kaki baru dari beberapa negara seperti Afganistan dan Lithuania yang tahun-tahun sebelumnya belum pernah berpartisipasi.

“Peserta secara total 6500 di mana 1500 diantaranya benar-benar peserta jalan kaki yang menempuh jarak baik 10 atau 20 kilometer. Lebih dari 19 negara berpartisipasi di mana beberapa diantaranya baru pertama kali ikut JIHW seperti Afganistan dan Lithuania,” ungkapnya.

Di event tahun 2017 ini menurut Fitriani, JIHW bakal mengajak peserta menjelajahi jalur baru yang belum pernah dipakai sebelumnya khususnya di hari pertama yang mengambil titik start Candi Prambanan. “Kita bakal ajak peserta melewati Candi Prambanan, Candi Sari, Candi Sambisari hingga Candi Kedulan yang juga bakal menawarkan pengalaman baru bagi mereka,” sambungnya.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata DIY, Imam Pratanadi menambahkan JIHW 2017 seturut rencana bakal dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Candi Prambanan Sabtu (18/11/2017) pagi. Sementara di Bantul, giliran puteri tertua Sultan yakni GKR Mangkubumi yang bakal membuka sekaligus ikut berjalan bersama para peserta melewati Green Canyon of Java di wilayah Imogiri Bantul.

 “Kami berharap kegiatan ini bisa membawa dampak positif pada perekonomian warga masyarakat Yogyakarta sekaligus mampu menegaskan bahwa DIY merupakan destinasi wisata dengan banyak potensi. Terlebih 260 peserta asing memastikan ikut, tentu akan membawa kesan untuk nantinya mereka membawa banyak keluarga datang lagi ke Jogja,” ungkapnya. (Fxh)