Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Senin, 06 November 2017 / 16:31 WIB

JIHW Mendatangkan Pejalan Kaki dari 22 Negara

JOGJA INTERNATIONAL HERITAGE WALK (JIHW) sebuah acara liga jalan kaki internasional, tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke sembilan kalinya. Acara yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan November ini, berlangsung selama dua hari di dua lokasi yang berbeda, yaitu Prambanan dan Imogiri. Jalan kaki akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 18 November 2017 untuk rute Prambanan, dan pada hari Minggu tanggal 19 November 2017 untuk rute Imogiri. Jogja International Heritage Walk ini diharapkan akan menjadi icon baru agenda acara di kota Yogyakarta yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara.

Indonesia, melalui JIHW telah resmi dikukuhkan menjadi negara ke-27 anggota IML (International Marching League) yaitu asosiasi Liga Jalan Kaki Dunia, tepatnya pada tanggal 7 Mei 2013. Menyusul kemudian pada bulan November 2013, JIHW juga resmi disahkan sebagai anggota IVV – Internationaler Volkssport Verband atau International Federation of Popular Sport yaitu organisasi non profit yang mewadahi beberapa cabang olahraga populer seperti Triathlon. Melalui IML yang saat ini telah beranggotakan 30 negara, sedangkan IVV yang mewadahi 24 negara, sangat memungkinkan dan memudahkan para pejalan kaki dari negara-negara Eropa, Jepang dan Pan Pasifik untuk datang ke Indonesia khususnya Jogja.

Para pejalan kaki dari penjuru dunia ini akan datang ke Jogja dalam rangka mengikuti Jogja International Heritage Walk. Mengangkat tema heritage – save the nature, respect the culture, menjadikan JIHW tujuan favorit baru para pejalan kaki dunia. Sampai saat ini, data yang masuk ke bagian addmition, menyatakan telah menerima konfirmasi pendaftaran peserta asing dari 22 negara. Diantaranya, Belanda, Jepang, Jerman, Italia, Amerika, Norwegia, Swedia, Perancis, Belgia, Australia. Tahun ini makin meningkat juga jumlah peserta dari Taiwan, Korea Selatan, Denmark dan Rumania. Bahkan mulai ada peserta jalan kaki dari India, Afganistan, dan Finlandia.

Pada setiap tahun penyelenggaraannya, JIHW selalu meninggalkan kenangan indah bagi para peserta jalan kaki ini. Bukan hanya pejalan kaki asing. Para pejalan kaki lokal atau wisatawan domestik pun mengungkapkan hal yang sama. Keramahan kota Jogja terwakili oleh masyarakat desa yang berinteraksi langsung dengan para pejalan kaki di JIHW ini. Senyum, sapa, laku sederhana serta perhatian tulus dari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua, sangat membekas dan berkesan. Keistimewaan inilah yang masih jarang ditemukan para pejalan kaki dunia dari negara-negara lain. Eksotisme sentuhan tradisional khas Asia yang sangat disukai para orang asing, termasuk para pejalan kaki internasional ini.

Sungguh suatu kebanggan bagi kita masyarakat Jogja khususnya, untuk turut meramaikan berjalan kaki bersama-sama. Mari kita populerkan olah raga jalan kaki, sehat dengan jalan kaki. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dan nikmati pengalaman berjalan kaki bersama para pejalan kaki dunia. Biaya registrasi walking day ini hanya Rp. 55.000/orang/hari dengan fasilitas air minum dan snack sepanjang rute, tiket masuk Prambanan, dan amenities. Untuk informasi dan pendaftaran dapat dilakukan di Sekretariat Panitia JIHW, Kompleks Kolombo No. 39 Yogyakarta, Telp. (0274)-566728, 085851364620, Email : jogjawalking@yahoo.com Website : www.jogjaheritagewalk.com