Pendidikan Editor : Agung Purwandono Jumat, 13 Oktober 2017 / 06:56 WIB

Raih 3 Emas di Lomba Penelitian Nasional, DIY Kembali Juara Umum

JAKARTA,KRJOGJA.com - DIY kembali menjadi Juara Umum Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) tingkat SMP dengan meraih 3 emas saru perak dan satu perunggu, Kamis (12/10). Dengan hasil itu, maka DIY mempertahankan gelar juara umum.

Tiga emas yang diraih tersebut berasal dari bidang IPA dua emas masing-masing, Muhammad Hanif Wicaksono dan Muhammad Raditya Rizqia Raadhan dari SMPN 5 Kota Yogyakarta dengan judul  'Limbah Cangkang Kerang Hijau Sebagai Penyerap Gas Beracun Gunung Api'. 

Muhanmad Grandiv Lava Putra, Nashwa Maheswari Wannawijaya dan Lilla Putri Aisiyah dari SMP 5 Kota Yogyakarta, dengan judul 'Savon  (Sanserviera Aglaonema) si layar Antiradiasi dan Antibakteri.

Emas ketiga disumbangkan dari Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, dari  SMP Stella Duce Yogyakarta dengan judul 'Sarung Tangan Penerjemah Bahasa Isyarat Tuna Wicara Berbasis Arduino' oleh Reynard Ardian Simanjuntak, Christopher Marscelinno, Gerardius Fandy Gunarwan Putra.

Sedangkan Perak disumbang Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan yakni karya Zhafira Mafaz, Shella Tirta Ayumurti, Septiani Rahmawati Wahyuningrum dari SMPN 5 Yogyakarta  dengan judul ' Biolavicin (Biolarvasida dari Cinnamomub Burmanil) sebagai pembasmi larva Aedes Aegypti.

Untuk Perunggu  dari Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa yakni berjudul ' Simulator pertumbuhan Tanaman Holtikultura Media Hidroponik Berbasis Suara Binatang Alami' daei SMP N 2 Ngemplak Sleman DIY, dengan penulis Nur Hakim Kadarisman, Rahagi Andhika dan Aji Giriantoro Mufti.

Lomba yang berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal 9 Oktober 2017, diikuti 104 finalis. Sedangkan total naskah yang masuk sebanyak 1.400 naskah.

Direktur Pembinaan SMP Kemendikbud, Dr Supriano yang menutup acara mengemukakan, anak-anak jika sejak dini sudah dikenalkan dengan penelitian, maka diharapkan di masa mendatang tidak akan kekurangan penelitian . Saat ini inovasi banyak anak SMP sangat baik. "Penelitian,  bagian dari pendidikan karakter," ujarnya. (Ati)