DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 10 Agustus 2017 / 16:50 WIB

Meriahkan HUT RI 1.516 Bendera Berkibar di Ngingrong

WONOSARI (KRJogja.com) - Total 1.516 bendera merah putih berkibar di Kawasan Lembah Karst Ngingrong, Mulo, Kecamatan Wonosari, Kamis (10/8). Kegiatan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 ini sekaligus mempromosikan kawasan Lembah Karst Ngingrong sebagai salah satu dari tiga belas situs geosite Gunungsewu Global Geopark yang sudah diakui UNESCO. 

“Pengibaran seribu lebih bendera merah putih ini selain memperingari Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia, tentunya ikut mempromosikan geosite Gunungsewu Global Geopark,” kata Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos.

Pengibaran seribu lebih bendera merah putih yang digagas Dinas Pariwisata Gunungkidul ini didukung pemerintah desa, forum lintas komunikasi istimewa peduli wisata, pemuda karang taruna dan berbagai pihak terkait. 

“Secara bersama-sama, pemerintah dan masyarakat mengembangkan potensi pariwisata,” imbuhnya.

Pengembangan Gunungsewu Global Geopark, lanjut Badingah, memilki dampak luar biasa. Selain pada peningkatan pendapatan masyarakat, juga pendukung pendapatan pemerintah daerah. Secara signifikan juga ikut membantu pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Seluruh desa di Gunungkidul tidak akan kesulitan mengembangkan kawasan pariwisata. Melalui dukungan 13 geosite, maka pertumbuhan pariwisata di seluruh wilayah Gunungkidul tentunya akan terus meningkat.

Kepala Survei Badan Geologi Kementrian ESDM RI Dr Muhammad Wafid menyatakan, sekarang ini Gunungsewu Global Geopark cukup sukses membangun pariwisata berbasis geologi. Karena terbukti mampu untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. Termasuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam mengembangkan kawasan pariwisata tersebut. 

Pengibaran 1.516 bendera dihadiri Kepala Survei Badan Geologi Kementrian ESDM RI Dr Muhammad Wafid M, Komite Global Geopark Hanang Samudera, Ny Larasati dari Kementrian Pariwisata, Muspida Gunungkidul dan undangan. (Ded)