Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 10 Agustus 2017 / 13:54 WIB

Purworejo Kirim 26 Pramuka ke Raimuna Nasional

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 26 anggota Pramuka Kabupaten Purworejo bakal ikut ambil bagian dalam kegiatan Raimuna tingkat nasional yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata (Buperta) Cibubur Jakarta. Mereka dilepas Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dan diberangkatkan, Kamis (10/08/2017).

“Saya bangga anggota Pramuka Purworejo bisa mengikuti Raimuna dan saya berharap dapat membawa nama harum Purworejo,” kata Yuli Hastuti.

Kegiatan dalam Raimuna ini meliputi 8 kegiatan diantaranya materi umum dan persaudaraan khusus, global development village and science, tur edukasi, rover challenge, subcamp, seni dan budaya, serta festifal raimuna nasional. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 21 Agustus mendatang.

Kegiatan kepramukaan menurut Yuli Hastuti, merupakan salah satu kegiatan pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis. Kegiatan yang sebagian besar dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan ini, memiliki sasaran antara lain pembentukan  watak atau karakter.

Kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, yang dititikberatkan pada pembinaaan dan perkembangan jiwa peserta didik di masing-masing golongan. Masa usia Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah masa muda yang penuh emosi, belum stabil, mudah berubah, masa berkembang dan semangat hidupnya masih dipengaruhi lingkungan.

“Pada masa-masa seperti ini perlu ada pola pembinaan dan pendidikan yang dapat menarik minat generasi muda yang tergabung dalam Pramuka Penegak dan Pandega,” jelasnya. (Nar)