Peristiwa Agregasi    Rabu, 26 Juli 2017 / 11:42 WIB

Soal Masjidil Aqsa, Ini Kata Erdogan

ANKARA, KRJOGJA.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, Israel sedang berupaya mengambil alih Masjid Al Aqsa dari tangan Muslim. Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) itu menekankan, menyamakan jamaah di masjid tersebut dengan teroris sangat tidak bisa diterima.

“Semua orang, yang tahu Israel, sadar bahwa pembatasan di Masjid Al Aqsa bukan karena masalah keamanan. Israel sedang berupaya mengambil Al Aqsa dari Muslim dengan dalih upaya kontra-terorisme," ujar Presiden Erdogan di Ankara, dinukil dari Middle East Monitor, Rabu (26/7/2017).

Mantan Gubernur Istanbul itu meminta Muslim di seluruh dunia berperan aktif dalam melindungi Masjid Al Aqsa. Sebab, tindakan Israel yang dengan mudahnya menumpahkan darah di Haram al Sharif adalah karena Muslim di seluruh dunia kurang berpartisipasi dalam isu Yerusalem.

“Dari sini, saya ingin menyerukan kepada semua Muslim. Siapa saja yang memiliki kesempatan, sebaiknya mengunjungi Yerusalem, khususnya Masjid Al Aqsa. Mari, kita semua melindungi Yerusalem,” ungkap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pria berusia 63 tahun itu langsung menelefon Presiden Israel Reuven Rivlin tidak lama setelah detektor logam dipasang di kompleks Masjid Al Aqsa. Ia menekankan bahwa kebebasan beragama dan beribadah umat Islam tidak boleh dihalang-halangi. (*)