Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 25 Juli 2017 / 12:55 WIB

Israel Cabut Metal Detektor di Al Aqsa

PALESTINA, KRJOGJA.com - Israel memutuskan untuk mencabut detektor logam yang semula ditempatkan di pintu masuk Kota Tua Yerusalem, termasuk Masjid Al-Aqsa. Israel akan menggantinya dengan alat pengawasan lain yang tidak terlalu menonjol.

Ketegangan meningkat setelah dua polisi Israel terbunuh pada 14 Juli di lokasi yang dikenal orang Yahudi sebagai Bait Suci. Sementara itu, umat Islam mengenalnya sebagai Al-Haram Asy-Syarif atau tanah suci yang mulia.

Utusan Timur Tengah PBB telah memperingatkan bahwa ketegangan tersebut berisiko menyebar tak hanya di kota tua tersebut. Sebuah pernyataan dari kantor Netanyahu menyatakan bahwa kabinet keamanan menerima rekomendasi semua Badan Keamanan untuk mengubah inspeksi yang menggunakan detektor logam menjadi inspeksi keamanan berdasarkan teknologi dengan cara lain.

Pihak berwenang Israel telah mengatakan bahwa tindakan tersebut diperlukan karena orang-orang bersenjata telah menyelundupkan senjata ke situs itu. Namun, keputusan itu kemudian memancing protes. (*)