DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 25 Juli 2016 / 03:10 WIB

Festival Prawirotaman, Warga Serbu Gunungan Teh Poci

YOGYA (KRjogja.com) - Gunungan teh poci menjadi pusat perhatian masyarakat yang menyaksikan Festival Seni dan Kirab Budaya Prawirotaman pada Minggu (24/7/2016). Setelah kirab selesai, gunungan itu langsung diserbu siapa saja yang ingin mendapatkan isinya.

Teriakan-teriakan terdengar semakin kencang setelah para pembawa gunungan sampai di depan panggung utama. Pemandu acara sempat mengingatkan warga untuk berhati-hati dan menunggu sebentar jika ingin rebutan. Meskipun begitu, masyarakat tetap bersiap untuk merebut teh poci yang sudah disusun sedemikian rupa.

Pemandangan tersebut memukau salah satu tamu festival yang berasal dari Mesir, Mohamed Ali Galal El Fouly (17). Ia mengatakan kegiatan seperti itu tidak pernah ada di negaranya.

"Ini sangat luar biasa, baru pertama kali saya mengikuti acara seperti ini," ujar Fouly saat ditemui KRJogja.com di Prawirotaman pada Minggu (24/7/2016). Fouly juga menambahkan, ia sangat senang mengikuti acara Festival Seni dan Kirab Budaya Prawirotaman.

Festival hari kedua ini dibuka dengan kirab yang dimulai pukul 15.00. Rombongan kirab terdiri dari barongsai, 20 tamu festival dari berbagai negara, Bergodo Prawirotaman, becak hias, marching band dan komunitas sepeda onthel jadul. Kirab berawal dari Jalan Prawirotaman I kemudian memutar ke Jalan Prawirotaman II dan kembali ke Jalan Prawirotaman I.

Masyarakat yang menyaksikan turut merekam kegiatan tahunan tersebut dengan telepon genggam masing-masing. Anak-anak kecil yang ikut berjalan kirab juga kerap berinteraksi dengan peserta. Tidak hanya itu, orang-orang asing yang sedang berwisata dan menginap di Prawirotaman tidak ingin ketinggalan untuk mengabadikan momen-momen tersebut. (Ardhike Indah)