DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 06 Juli 2017 / 11:00 WIB

Peringati HUT, Monjali Berselimut Merah Putih

SLEMAN, KRJOGJA.com - Monumen Yogya Kembali (Monjali) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28, Kamis (6/7/2017). Selama satu hari penuh hingga Jumat (7/7/2017) pagi esok, kerucut monumen penanda kembalinya Yogyakarta dari tangan penjajah yang berujung pada penarikan tentara Belanda pada 29 Juni 1949 ini bakal diselimuti bendera merah putih raksasa yang dipasang oleh tim Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UPN Veteran. 

Dimas Aples, salah satu tim Mapala UPN Veteran Yogyakarta mengungkap timnya mulai mempersiapkan pengibaran merah putih raksasa di kerucut Monjali sejak Rabu (5/7/2017) lalu. Bendera raksasa berukuran 12x20 meter tersebut menurut dia merupakan milik Mapala UPN Veteran Surabaya yang sengaja dipinjam untuk kegiatan ini. 

"Kita sudah pasang hari ini dan akan dipertahankan sehari penuh hingga besok pagi (Jumat 7/7/2017). Kami ingin mendukung HUT Monjali yang mengemas peristiwa sejarah besar bagi Indonesia yakni kembalinya Yogyakarta dari tangan penjajah yang berujung pada penarikan tentara Belanda pada 29 Juni 1949, tepat 68 tahun yang lalu," ungkapnya. 

Setelah dilakukan upacara bendera pagi hari tadi, selama satu hari penuh pihak Mapala UPN dan pengelola mengijinkan masyarakat untuk berfoto selfie dengan latarbelakang kerucut yang diselimuti bendera merah putih. "Jam kunjungan museum dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB kemudian dilanjutkan jam kunjung taman pelangi 17.00 sampai 22.00 WIB. Siapa saja yang ingin selfie atau berfoto sangat dipersilahkan," sambungnya. 

Sementara H Soetikno Kepala Pengelola Monjali berharap dengan adanya bendera merah putih raksasa ini masyarakat semakin greget untuk berkunjung ke salah satu tempat pengabadian sejarah tersebut. "Kami apresiasi ide anak-anak muda dari UPN Veteran ini, dan harapannya masyarakat semakin antusias mengunjungi Monjali," terangnya. (Fxh)