DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 03 Juli 2017 / 23:59 WIB

Kehilangan Banyak Waktu, Masuk Kerja Efektifkan Kinerja

WATES, KRJOGJA.com - Pemkab Kulonprogo sudah kehilangan banyak waktu karena lamanya masa libur Lebaran. Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa efektifkan kinerjanya, begitu masuk, harus berlari agak cepat. Sebab pemkab terhadap tingkat kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja paska libur Lebaran, Senin (03/07/2017) secara khusus tidak mengawasi.

"Sejak dulu saya tidak mengurusi pegawai yang terlambat, lima detik, lima menit, 10 menit. Mereka (ASN) orang dewasa, seharusnya sudah memahami konsekuensi apa yang bakal didapat bila tidak disiplin. Bagi saya patokan/target adalah kinerjanya," tandas Hasto usai halal bihalal, di halaman pemkab.

Hasto hari pertama Senin (03/07/2017)masuk kerja langsung padat aktivitasnya, selain halal bihalal dengan ASN, menerima tamu, juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada bangunan di sempadan Pantai Glagah.

Dikatakan Hasto, kalau ada yang terlambat, nanti dilihat bagaimana capaian kinerjanya. Kalau capaian kinerjanya jelek, banyak karyawan yang terlambat, maka perlu diberikan punishment. "Inspektorat yang akan berkeliling ke SKPD dan Selasa (04/07/2017) saya mendapatkan laporan perinciannya berapa yang terlambat," ujarnya.

Idul Fitri, lanjut Hasto, seharusnya menjadi momentum dalam meningkatkan semangat, diantaranya bekerja melayani masyarakat. "Program 100 hari kerja yang sedang berjalan adalah cara memacu kinerja ASN. Evaluasi pencapaian setiap OPD secara berkala. "Evaluasi terpadu pertama pada 22 Juni lalu, ada yang perlu didorong, terdapat pula beberapa OPD yang sudah hampir mencapai target. Selanjutnya evaluasi akan diadakan lagi pada 22 Juli dan 22 Agustus mendatang," katanya.(Wid)