Peristiwa Agregasi    Minggu, 24 Juli 2016 / 12:42 WIB

Lima Warga Keracunan Minyak Goreng

PONTIANAK (KRjogja.com) - Lima orang warga Parit Amangku Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir keracunan makanan yang diduga berasal dari minyak goreng.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Suhadi SW mengatakan peristiwa keracunan berawal dari saudari Nia, salah satu korban keracunan sedang menggoreng bawang merah, di rumah saudara Aswi yang beralamat di Jalan M Haji Anwar Dusun Amangku desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir.

"Dari awal melihat warna minyaknya hitam pekat korban sudah curiga, setelah digoreng bawang tersebut dicicipi oleh Nia, tiba-tiba perut merasa mual-mual, muntah dan lemas," ungkap Suhadi Kepada Okezone, Sabtu (23/07/2016).

Ketika Nia mencoba bawang goreng merah kemudian mual mulas muntah dan lemas, teman yang lain tidak percaya dan mereka satu persatu mencoba memakan bawang goreng merah.

"Diawali dari Misnadi, Matrawi, Ariyanti, Hotimah dan Syahroni mereka berlima ini sebenarnya satu kampung di Dusun Amangku Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, usia memakan bawang langsung mulas mulas dan mual serta muntah muntah semua," jelasnya.

Dijelaskan Suhadi, kelima korban dibawa ke rumah sakit di Mempawah untuk mendapatkan perawatan yang intensif agar bisa pulih seperti sedia kala.

"Pihak kepolisian juga sedang mempelajari termasuk mengambil sampel minyak goreng yang diduga sebagai biang kerok akibat terjadinya keracunan. Telah dikirim ke laboratorium forensik Polri, termasuk sisa makanan, muntahannya dan minyaknya," paparnya.

Suhadi menambahkan saat ini kelima korban masih diinapkan di Rumah Sakit Rubini Mempawah. Terkait masalah keracunan ini ia menghimbau kepada warga masyarakat agar sebelum memasak memastikan bahwa barang yang dimasak belum kadaluwarsa. "Selain agar lebih mengutamakan kesehatan dari pada mengikuti hawa napsu," pungkasnya. (*)