DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 21 Juni 2017 / 15:10 WIB

PT KAI Pastikan Jalur Daop VI Aman untuk Lebaran

YOGYA, KRJOGJA.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta bersama jajaran kepolisian melakukan inspeksi jalur dari Yogyakarta hingga Wates, Rabu (21/6/2017). Menggunakan kereta lori berangkat dari jalur 5 Stasiun Yogyakarta, rombongan pun memastikan jalur di Daop VI siap dilalui angkutan Lebaran 2017.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto seusai inspeksi mengatakan keseluruhan jalur mulai Yogyakarta hingga Wates dinyatakan aman dan siap dilakui angkutan kereta dalam rangka Lebaran 2017. Menurut dia, beberapa aspek turut dicek mulai dari rel, perlintasan kereta hingga potensi gangguan yang ada.

"Dari hasil pengecekan bersama Kapolda hari ini di wilayah Daop VI Yogyakarta khususnya daerah DIY, jalur rel KA dinyatakan aman untuk mendukung angkutan Lebaran," ungkap Eko.

Sementara Kepala Daop VI Yogyakarta, Hendy Helmi mengungkap paling tidak ada 800 personil keamanan yang disiagakan di stasiun seluruh Daop VI maupun lokasi-lokasi yang dinilai rawan gangguan. "Kami siagakan 500 petugas kami ditambah 300 dari TNI-Polri dan elemen lain seperti kesehatan," terangnya.

Sementara untuk perlintasan yang tak berpalang, PT KAI Daop VI Yogyakarta juga menyiagakan petugas tambahan di 353 perlintasan baik yang belum berpenjaga maupun liar di sepanjang rute kerjanya. Namun demikian, KAI tetap menghimbau masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati saat hendak melintasi perlintasan kereta api.

"Kami sudah melakukan antisipasi dengan menambah personil di perlintasan yang belum berpenjaga, namun tetap saja kami berharap masyarakat lebih berhati-hati saat melintas," pungkasnya. (Fxh)