Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Juli 2016 / 20:50 WIB

Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci, Calhaj Harus Siapkan Ini

KLATEN (KRjogja.com) – Sebanyak 766 jemaah calon haji (calhaj) tahun 2016 asal Kabupaten Klaten siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada Agustus mendatang. Sebagai persiapan para calhaj saat ini aktif mengikuti manasik di setiap kecamatan.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten mencatat jadwal sementara dari 766 calhaj asal Klaten dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 30, 31, dan 57. Mereka terdiri dari calhaj kuota reguler, cadangan, dan lansia.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Klaten, Waznan Fauzi, Jumat (22/7/2016), mengatakan, segala persiapan keberangkatan calhaj telah dilakukan Kemenag berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten terkait verifikasi data kependudukan para calhaj.

Menurutnya, verifikasi kependudukan penting dilakukan sebagai antisipasi calhaj titipan dari dari luar daerah. Sedangkan dalam proses verifikasi kependudukan yang dilakukan sejak pertengahan April lalu dipastikan semua calhaj merupakan asli penduduk Klaten.

“Tahapan saat ini para calhaj masih dalam proses mengikuti manasik di tingkat kecamatan masing-masing. Mengenai jadwal masuk ke Asrama Haji Donohudan diperkirakan Agustus mendatang,” ujarnya. (M-7)