DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 22 Juli 2016 / 10:05 WIB

470 Anak Muda Hindu Siap Berlomba

Yogya Tuan Rumah Jambore Pasraman 2016

SLEMAN (KRjogja.com) - Yogyakarta terpilih menjadi penyelenggara Jambore Pasraman IV tahun 2016 yang digagas oleh Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI. Bertempat di Hotel Sheraton, tak kurang 470 wakil dari 32 provinsi akan datang ke Yogyakarta dan mengikuti rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan 26-29 Juli 2016.

Dirjen Bimas Hindu, I Ketut Widnya kepada KRjogja.com Jumat (22/7/2016) mengatakan event keempat Pasraman tersebut telah dipastikan digelar di Yogyakarta mengingat pada penyelenggaraan sebelumnya, anak-anak muda wakil Yogyakarta meraih predikat juara umum sehingga berhak atas piala bergilir Menteri Agama sekaligus menjadi tuan rumah penyelenggaraan keempat. Menurut dia, ada 8 kategori perlombaan yang akan diikuti para kontingen selama kegiatan Jambore Pasraman.

"Dalam Jambore ini nantinya ada 8 jenis lomba yakni Mantram Tri Sandhya, Kramaning Sembah, Pelafalan Doa Harian, Cipta Lagu Kreasi Keagamaan Hindu, Cipta dan Baca Puisi Keagamaan Hindu, Bercerita Keagamaan Hindu, Yoga Asanas dan Out Bond. Seluruh perlombaan mengarahkan pada membentuk perilaku positif anak-anak muda Hindu dan harapannya bisa diaplikasikan pada hidup sehari-hari," ungkapnya.

Tak hanya berlomba saja, setiap pagi hari para peserta yang merupakan siswa SD, SMP dan SMA juga wajib mengikuti kegiatan pembinaan positif seperti yoga, persembahyangan dan renungan. "Bila tubuh seimbang antara fisik dan mental, termasuk hati maka anak-anak muda kita ini bisa berpikir positif dan jauh dari kegiatan buruk yang tentu saja merugikan, dan inilah tujuan kami," imbuhnya.

Pasraman sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan agama Hindu non formal yang tersebar di seluruh Indonesia. Pasraman memiliki tugas untuk memberikan pemahaman dan mendidik anak-anak muda Hindu tentang ajaran agama Hindu agar nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter. (Fxh)