Hiburan Agregasi    Jumat, 02 Juni 2017 / 20:31 WIB

Berikut Karier Yana Zein hingga Tutup Usia

JAKARTA (KRjogja.com) - Aktris senior Yana Zein meninggal dunia di usia 48 tahun pada (1/6/2017) akibat sakit kanker payudara stadiun IV yang menyerang tubuhnya. Berikut adalah perjalanan karier dari ibu dua anak tersebut.

Yana meniti awal kariernya sejak 1987 melalui debutnya dalam film Cintaku di Rumah Susun. Kemudian kariernya kian bersinar di ranah sinetron, seperti Di Antara Dua Pilihan (1999), Apa Katanya Cinta (2001), sampai sinetron Tersanjung (2001-2003) yang mempopulerkan lewat perannya sebagai Tante Amerika pada season ke 6.

Setelah tenar dalam Tersanjung, Yana pun kembali mengembangkan sayapnya dengan terus bermain sinetron, seperti Doa dan Anugerah, HIV +, Ada Jalan Ke Roma, Hidayah, Anak Membawa Berkah, dan terakhir Cinta di Langit Taj Mahal.

Yana sendiri sempat menikah dengan Fahmi Dharmawangsa, namun rumah tangganya kandas, dan Fahmi kini menjadi suami dari Inneke Koesherawati.

Kabar mengenai penyakit kanker payudaya yang diderita Yana baru diungkapkan Desember 2016. Saat itu Yana mengaku sudah menderita kanker sejak 2015, dan menyembunyikannya dari orang-orang terdekatnya.

Tak lama menjalani kemotrapi di Indonesia, akhirnya Januari 2017 Yana memutuskan terbang ke China untuk menjalani pengobatan.

Pada 28 Mei, Yana kembali ke Indonesia dan mengungkapkan kalau kanker di tubuhnya sudah hilang, dan 80 persen sudah sembuh. Namun beberapa hari kemudian, terdengar kabar kalau Yana harus dilarikan kembali ke rumah sakit.

Yana pun sempat dikabarkan meninggal dunia, namun sang anak mengungkapkan kalau ibundanya tengah terbaring koma. Pada pukul 1.05 pagi tadi, Yana menghemuskan nafas terakhirnya. (*)