Olahraga Editor : Agung Purwandono Minggu, 28 Mei 2017 / 02:28 WIB

Jungkalkan Chelsea, Arsenal Peraih Piala FA Terbanyak

INGGRIS, KRJOGJA.com - Arsenal mengalahkan Chelsea dalam final piala FA yang berkesudahan 2-1. Gol Alexis Sanchez (menit ke-4') dan Aaron Ramsey (menit 79') membawa asuhan Arsene Wenger mengangkat trofi dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley London, Sabtu (27/05/2017).

 

Chelsea sebenarnya sempat menyamakan kedudukan melalui gol yang diciptakan Diego Costa (76') namun hal itu tidak menghalangi Arsenal mengangkat trofi ke-13 piala FA. Piala ini sekaligus sebagai pelipur lara karena dalam Premier League, Arsenal finish di luar empat besar.

Bagi Antonio Conte, kekalahan dari Arsenal memupus harapan klub untuk mengawinkan gelar Premier League dengan Piala FA. Meski diunggulkan dan mampu mengurung pertahanan Arsenal, namun anak asuhan Arsene Wenger lebih efektif memanfaatkan kesempatan.

Pertandingan sendiri diawali dengan tempo cepat. Melewati beberapa pemain Chelsea, Alexis Sanchez terlihat tidak mau mengoper bola ke Ramsey karena kemungkinan akan offside. Ia kemudian menyepak bola dengan kaki kanan bagian luar yang membuat bola bersarang di gawang yang dijaga Thibaut Courtouis.

Gol itu sendiri cukup kontroversial karena asisten wasit sempat mengangkat bendera ketika bola belum memasuki gawang. Wasit Anthony Taylor kemudian berdiskusi dengan asisten wasih Gary Beswick. Keputusan akhirnya diambil dengan mengesahkan gol tersebut. 1-0 untuk Arsenal.

Chelsea harus kehilangan Moses (menit 68') setelah mendapat kartu kuning kedua karena dinilai melakukan diving. Namun meski kehilangan satu pemainnya, Chelsea menyamakan kedudukan (menit 76').

Sampai akhir pertandingan, kedudukan 2-1 untuk Arsenal. Klub london merah ini sendiri menegaskan sebagai klub yang paling banyak meraih Pial FA, atau lebih banyak 1 piala dibandingkan Manchester United yang meraih 12 gelar Piala FA. (*)