Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Juli 2016 / 13:21 WIB

Buron 11 Hari, Perampok Dibekuk

SLEMAN (KRjogja.com) - Tiga tersangka eksekutor perampokan sebuah toko handphone di Gancahan Godean, 8 Juli 2016 lalu akhirnya bisa dibekuk jajaran Reskrim Polres Sleman. Tiga tersangka yakni MK, AG dan SG yang sempat buron selama 11 hari sebelum akhirnya ditangkap di kawasan Magelang, Selasa (19/7/2016) malam.

Kapolres Sleman AKBP Yuliyanto kepada wartawan, Rabu (20/07/2016) mengatakan penangkapan tiga tersangka dilakukan anggotanya di kawasan Magelang Jawa Tengah pada Selasa (19/7/2016) malam di lokasi persembunyian masing-masing. Menurut Kapolres, ketiga tersangka kompak melakukan aksi setelah sebelumnya melakukan pemetaan dengan membuat sketsa lokasi.

"Tersangka MK ini sudah melakukan pengamatan sebelumnya dan membuat sketsa lokasi. Pada saat eksekusi pun tersangka satu ini melakukan pengawasan lingkungan sekitar sementara AG bertugas merusak gembok dan SG mengambil barang yang ada di etalase toko," terang Kapolres.

Usai melakukan aksi, tiga tersangka langsung memberikan barang pada para penadah yang ada di Boyolali. Di wilayah ini penadah baru bisa menjual barang senilai Rp 6 juta.

Berdasar pengakuan, tiga tersangka baru pertama kali melakukan tindak kejahatan perampokan tersebut. Namun, pihak kepolisian masih akan melakukan pengembangan mengingat banyaknya kasus serupa yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya diberitakan pihak kepolisian berhasil mengamankan dua tersangka penadah yakni Wahyudi Tri dan Feri Jatmiko di kawasan Boyolali Jawa Tengah. Dua tersangka tersebut menjadi pembuka penangkapan tiga tersangka eksekutor ini.

"Kami sangkakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Siap-siap saja menerim hukuman maksimal 7 tahun penjara," pungkas Kapolres. (Fxh)