DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Juli 2016 / 12:39 WIB

Sidang dr Rica Dipenuhi Ormas

SLEMAN (KRjogja.com) - Sidang lanjutan dugaan kasus penculikan dr Rica Tri Handayani kembali digelar di PN Sleman, Rabu (20/07/2016) siang. Dalam sidang yang digelar terbuka ini, puluhan anggota organisasi masyarakat (ormas) turut menyaksikan jalannya persidangan yang dipimpin Hakim RR Endang Dwi Handayani SH.

Ketua salah satu ormas, Faizal Sonny Al Hasni mengatakan pihaknya sengaja datang untuk mengikuti proses persidangan dr Rica lantaran khawatir adanya intimidasi dari pihak Gafatar. Sebelumnya, ormas-ormas khawatir kesaksian dr Rica akan ditekan oleh anggota Gafatar yang juga hadir dalam persidangan terbuka ini. "Ada informasi kepada kami sehingga diputuskan untuk mengawal persidangan hingga selesai," imbuhnya.

Pada agenda sidang kali ini, dr Rica hadir sebagai saksi dan menerima beberapa pertanyaan dari Jaksa Penuntut Umum. Dalam keterangannya, dr Rica menceritakan kronologis ajakan hijrah dari dua terdakwa Eko Purnomo dan Veni hingga akhirnya sampai di Kalimantan pada akhir Desember 2015.

Dalam persidangan dengan terdakwa Sigit Wibowo yang merupakan atasan Eko dan Veni yang juga menjadi wakil bupati Gafatar Kulonprogo ini, jaksa menuntut terdakwa karena dianggap melanggar pasal 332 KUHP tentang membawa lari perempuan atau wanita. Jika terbukti bersalah, terdakwa bisa terkena hukuman 7-9 tahun penjara. (Fxh)