Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 13 Mei 2017 / 22:17 WIB

Warga Tolak Kedatangan Fahri Hamzah di Manado

MANADO, KRJOGJA.com - Sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi menolak kehadiran Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Mereka yang berjumlah puluhan orang itu awalnya menolak kedatangan anggota Front Pembela Islam (FPI).

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi menjelaskan, massa berkumpul di bandara sejak pukul 09.00 WITA. Awalnya mereka menggelar orasi di area parkir bandara, kemudian dipindahkan ke sekitar terminal VVIP karena areanya dianggap lebih luas.

"Orasi pertama tuntutannya menolak anggota FPI, namun diduga kedatangan FPI sekitar jam 11 berbarengan dengan Pak Fahri Hamzah," katanya.

Israwadi mengatakan, pihaknya mulanya melarang penyelenggaraan aksi karena bandara merupakan fasilitas vital bagi pelayanan publik. Namun mereka tetap menggelar aksi.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey sempat menenangkan massa dan mengalihkan mereka agar unjuk rasa di kantor gubernur. Sebagian besar pengunjuk rasa pun pindah lokasi. Namun masih ada elemen massa yang bertahan di bandara.

Dia menambahkan, massa sempat masuk ke terminal hingga ke apron selama 20 menit, namun tidak mendekati pesawat. Petugas keamanan setempat meminta massa untuk keluar dan mereka melanjutkan aksinya di luar terminal.

Menurut Israwadi, massa masih menggelar aksi di depan terminal hingga sore hari ini. Israwadi mengatakan, Fahri telah kembali ke Jakarta menumpang pesawat dengan nomor penerbangan GA 601. (*)