Wisata Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 19 Maret 2016 / 23:50 WIB

Bebek Goreng Sambel Korek Pak Ndut.. Jooss

BERAGAM makanan olahan berbahan dasar bebek bisa dimasak dalam berbagai bentuk. Salah satu yang terus menjadi tradisi dan mudah yakni di goreng.

Tidak asal goreng, rumah makan Bebek Goreng Pak Ndut Kartasura memiliki cita rasa sendiri bagi pengemarnya. Dengan terus memegang tradisi merekapun kini mampu mengembangkan bisnis franchise diberbagai daerah seperti Yogyakarta, Jakarta dan wilayah Jawa Barat.

Rumah makan yang beralamat di jalan Slamet Riyadi Kartasura Sukoharjo ini seakan tidak pernah sepi. Sejak buka sekitar pukul 10.00 sampai tutup pukul 22.00 hampir dipastikan pembeli selalu antri.

Dalam sehari bisa ratusan bebek terjual baik utuh maupun dalam bentuk potongan tergantung pesanan. Pembeli datang tidak hanya dari warga Sukoharjo saja, tapi luar daerah sengaja mampir ke rumah makan bebek goreng Pak Ndut Kartasura.

Rumah makan Pak Ndut ini siap menyuguhkan aneka menu bebek dengan pilihan bebek. Selain menu tersebut, ada pula menu pelengkap lainnya seperti lalapan khas Kartasura dengan daun pepayanya yang tidak pahit, pete, dan lainnya. Untuk minuman, tersedia es gula asam, es beras kencur, dan kunir asam.

Aneka menunya dengan harga terjangkau menjadikan beberapa orang menjadi pelanggan tetap. Mereka ketagihan dengan cita rasa khas yang disajikan.

Menu Bebek Goreng Pak Ndut yang disediakan benar-benar sangat beda. Dalam hal ini, bebek yang tersedia mempunyai cita rasa tersendiri jika dibandingkan dengan bebek dan ayam goreng lainnnya.

Bebek Goreng Pak Ndut menggunakan bahan baku dan olahan bumbu spesial. Semua bahan-bahan baku yang digunakan langsung didatangkan dari Kartasura. Sehingga rasa daging bebeknya  lebih empuk, gurih, dan benar-benar terasa kelezatannya.

Suasana ruang makan resto Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut sendiri terbilang cukup nyaman dan luas. Ruang makannya mampu menampung pengunjung hingga puluhan orang.

Dalam menyajikan bebek goreng ini mereka punya satu sambal andalan yaitu sambal korek. Cara membuatnyapun sangat mudah cukup di cobek kecil jadi tidak dibuat secara masal. Cabe rawit warna merah, hijau, putih ditambah bawang putih di ulek agak kasar kemudian diberi minyak jelantah bekas gorengan bebek. Rasanya memang mantap pedesnya, beberapa orang mengatakan yang membuat bebek goreng ini enak untuk disantap adalah sambal koreknya.

“Saya dari Jakarta kebetulan libur panjang liburan ke rumah orang tua di Sukoharjo dan mampir ke Bebek Goreng Pak Ndut, tidak lengkap rasanya kalau ke Sukoharjo tidak mampir kesini,” ujar Rasya Ayu salah satu pembeli. (Mam)