DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 24 April 2017 / 16:50 WIB

TITIEK SOEHARTO

Gesekan Antar Etnis Semakin Menguat

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam Rapat Dengar Pendapat Masyarakat (RDPM) bersama warga di Kampung Hijau Gambiran Umbulharjo Yogyakarta, Siti Hediati Soeharto mengingatkan saat ini terjadi peningkatan potensi gesekan yang sangat kuat antar etnis, agama dan golongan yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Anggota MPR RI dari Fraksi Golkar itu juga menyebut, lunturnya nilai-nilai kebangsaan serta rendahnya pemahaman atas filosofi dan dasar Pancasila dikalangan generasi muda.

“Karena itu empat hal mendasar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus ditanamkan dalam jiwa setiap warga Indonesia sejak dini, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa, agar bangsa Indonesia tetap kokoh dan terhindar dari berbagai ancaman dari luar,” tegasnya perempuan yang akrab disapa Titiek Soeharto tersebut.

Dalam RDPM yang dihadiri sejumlah muspika setempat pada Minggu (16/04/2017) tersebut Titiek Soeharto juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat Yogyakarta, khususnya generasi muda yang selama ini mampu menjaga kebhinnekaan menjadi sebuah kekuatan. Masyarakat Yogyakarta yang memang istimewa, telah mampu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang telah diperjuangkan dengan darah para pejuang.

"Yogyakarta menyimpan banyak sejarah penting bagi berdirinya NKRI, antara lain, seperti adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 yang membuka mata dunia akan keberadaan bangsa Indonesia. Saya pesan untuk seluruh warga Yogyakarta, agar dapat menjadi contoh kekuatan persatuan di atas perbedaan yang ada dari berbagai suku bangsa Indonesia," ujar Titiek Soeharto.

Menurut Titiek, RDPM mengenai pemahaman dan penerapan Empat Pilar MPR RI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara penting dilakukan untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat, terhadap pelaksanaan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam kehidupan masyarakat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang Empat Pilar MPR RI, menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (*)