Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 19 April 2017 / 12:55 WIB

Tangkap Copet di Tugu, KAI Himbau Penumpang Waspada

YOGYA, KRJOGJA.com - Polisi Khusus (Polsus) Kereta Api berhasil mengamankan seorang penumpang yang kedapatan melakukan aksi pencopetan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (19/4/2017). Pencopet dengan jenis kelamin laki-laki ini tertangkap saat beraksi di KA Prameks yang naik dari Lempuyangan ini akhirnya diamankan di Pos Polsus KA dan bakal menghadapi ancaman hukum.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan dalam satu hari ini pihaknya berhasil mengamankan tiga pencopet ditambah satu orang yang mengambil handphone di stasiun. "Di Solo kami juga amankan dua pencopet selain satu yang saat ini kita amankan di Pos Polsuska Stasiun Tugu," terangnya.

Dalam beraksi, Eko mengungkap bawasanya para pencopet beraksi layaknya penumpang biasanya dan memiliki tiket. "Mereka ini menyamar sebagai penumpang biasa, punya tiket jadi memang modusnya seperti itu," ungkapnya.

Eko pun berharap masyarakat menjaga keamanan barang bawaan masing-masing meskipun PT KAI telah menyiagakan Polsus KA. Terlebih menurut Eko, saat ini banyak oknum tak bertanggungjawab yang berusaha memanfaatkan kelengahan penumpang khususnya jelang Ramadhan dan Lebaran.

"Jelang Ramadhan dan Lebaran kebutuhan masyarakat meningkat, potensi terjadi tindak kejahatan lebih-lebih di area publik dan moda transportasi. Kami berharap penumpang KA tetap menjaga barang bawaan dengan seksama," ungkapnya. (Fxh)