Pendidikan Editor : Ivan Aditya Kamis, 30 Maret 2017 / 19:19 WIB

UniKL dan Unwidha Jalin Kerjasama Internasional

KLATEN (KRjogja.com) - Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten dan Universiti Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia menjalin kerjasama internasional. Tujuan dari kerjasama ini untuk mengembangkan kerjasama akademik dan pendidikan, serta untuk mempromosikan saling pengertian antar universitas.

Menindaklanjuti kesepakatan kerjasama tersebut, Director of UniKL Malaysia International Office, Noor Zunaini Abd Kadir melakukan kunjungan ke Kampus Unwidha, Kamis (30/03/2017). Ia memaparkan secara detail keberadaan kampus UniKL secara fisik, aktivitas perkuliahan, fasilitas, hingga pada pembiayaan.

Noor Zunaini menjelaskan, perlu adanya kolaborasi dengan perguruan tinggi lain, karena bersar atau kecil pihak lain yang menjadi partner akan memberikan kontribusi sesuai dengan peran masing-masing. “Kolaborasi perlu, karena kita tidak bisa berdiri sendiri. Sahabat besar atau kecil, memiliki peran masing-masing,” kata Noor Zunaini.

Lawatan UniKL ke Unwidha Klaten tersebut diterima oleh Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI) Klaten, Dr H Basuki MM dan para civitas akdemika di ruang pertemuan rektorat. Ketua YPI Dr Basuki MM dan Rektor Unwidha Prof Dr Triyono MPd mengemukakan, kerjasama antara UniKL dan Unwidha tersebut sudah terjalin sejak beberapa tahun lalu.

Sebelumnya Unwidha sudah melakukan kunjungan ke UniKL. Kerjasama internasional antar dua perguruan tinggi dari Indonesia dan Malaysia ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pengembangan dunia pendidikan. Kerjasama membuka peluang adanya tindak lanjut baik dengan pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa maupun dengan kegiatan kebersamaan lainya.

Selain membina kerjasama dengan UniKL, Unwidha juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas lain di luar negeri. Bahkan juga sudah melakukan pertukaran mahasiwa. ”Kami juga sudah mengirim dua mahasiwa untuk pertukaran mahasiswa dengan unversitas di Thailand,” kata Rektor Unwidha Prof Dr Triyono. (Sit)