Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 26 Maret 2017 / 13:51 WIB

Libur Nyepi Penumpang Bus ke Wonogiri Ramai

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Kenaikan penumpang bus malam AKAP (antarkota antar provinsi) terjadi di terminal induk Giri Adipura Wonogiri, Minggu (26/3/2017), bersamaan libur panjang Nyepi. Jika dibanding dengan hari-hari biasa kenaikan penumpang tersebut sekitar 5-7 persen.

Kalangan agen bus malam di terminal induk Wonogiri, menuturkan,  banyak perantau pulang kampung atau mudik bersamaan dengan libur nasional Nyepi, Selasa (28/3/2017) besok. Suasana ramai penumpang bus AKAP di Wonogiri disebutkan terjadi sejak Sabtu lalu.

"Mereka umumnya berangkat dari Jakarta hari Jumat sepulang kantor maupun kerja di perusahaan," kata Nano, agen bus malam Tunggal Dara.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri yang juga Pengusaha bus AKAP 'Sumba Putra' Tirtomoyo Edy Purwanto, maupun Pengusaha bus malam 'Tunggal Dara Putera' Ngadirojo, H Margono, yang dihubungi KRJOGJA.com secara terpisah, Minggu,  mengakui adanya kenaikan penumpang bus sekitar 5-7 persen menyusul libur nasional Nyepi.

"Keramaian arus mudik ini diduga keras karena tetangga maupun famili mereka di desa asal banyak yang mempunyai hajat sehingga para perantau menyempatkan pada mudik," kata Edy.

Di sisi lain para pengusaha bus malam jurusan Jakarta-Wonogiri menerangkan, meski kali ini penumpang ramai namun kondisi tersebut belum mampu menutup kerugian akibat besarnya beaya operasional armada selama ini. Menurut mereka, demi pelayanan kepada pelanggan di hari-hari biasa dengan jumlah kursi terjual 50-60 persen armada bus tetap dijalankan.

"Sudah sering atau biasa kalau setoran dari kru atau agen itu tidak cukup untuk biaya operasional di jalan," terang Margono.(Dsh)